Tinjauan hukum pidana islam terhadap hukuman bagi pelaku penyedia pekerja seks komersial (psk) online: studi putusan nomor 512/pid.b/2017/pn.mjk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Muhammad Luqman (2020) Tinjauan hukum pidana islam terhadap hukuman bagi pelaku penyedia pekerja seks komersial (psk) online: studi putusan nomor 512/pid.b/2017/pn.mjk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Luqman Hakim_C93215074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan pustaka. Setelah semua data terkumpul, data dianalisis dengan metode deskriptif analisis yang menggunakan pola pikir deduktif untuk memperoleh kesimpulan yang khusus dan dianalisis menurut hukum pidana Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, hakim menjatuhkan putusan 3 (tiga) bulan penjara dengan mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan hal-hal yang meringankan, namun pertimbangan hakim dalam penggunaan aturan yang dijadikan dasar dalam memutus perkara kurang sesuai, karena tidak sesuai dengan asas Lex Specialis Derogat Legi Generalis. Sehingga sanksi pidana yang dijatuhkan oleh hakim terlalu ringan. Kedua, berdasarkan analisis dalam hukum pidana Islam, jenis sanksi yang diberikan kepada terdakwa sesuai, karena terdakwa telah terbukti melakukan jarimah turut serta (tamalu) yaitu para pelaku besrsepakat untuk melakukan jarimah dan memiliki tugasnya masing-masing, yang sanksinya adalah takzir yang berkaitan dengan kejahatan kehormatan. Sehinggan hakim menjatuhkan hukuman takzir yang berkenaan dengan kemerdekaan berupa hukuman penjara selama 3 (tiga) bulan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada aparat penegak hukum terutama hakim, yang memiliki kewenangan dalam memutus perkara, hendaknya memperhatikan ketentuan asas Lex Specialis Derogat Legi Generalis yang dapat memberikan efek jera bagi pelaku agar diharapkan tidak akan terulang kembali kejahatan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Muhammad Luqmanhakimmluqman482@gmail.comC93215074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.Hatta_marina@yahoo.com2026107104
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: PSK; Penyedia PSK Online; PSK Online.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Muhammad Luqman Hakim
Date Deposited: 01 Mar 2021 11:58
Last Modified: 01 Mar 2021 11:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46851

Actions (login required)

View Item View Item