Desain mathematical closed task dan open task yang mendorong munculnya penalaran imitatif dan kreatif berdasarkan tahapan Gravemeijer dan Cobb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dina, Anni Mujahidad (2021) Desain mathematical closed task dan open task yang mendorong munculnya penalaran imitatif dan kreatif berdasarkan tahapan Gravemeijer dan Cobb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anni Mujahidad Dina_D74216086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tugas-tugas matematika di Indonesia masih didominasi oleh jenis closed task. Padahal untuk mempelajari penalaran imitatif dan kreatif sebagai salah satu kompetensi matematika yang berperan penting menghasilkan kesimpulan dalam menyelesaikan tugas, siswa harus berlatih berbagai macam jenis tugas diantaranya closed task dan open task. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain closed task dan open task yang mendorong munculnya penalaran imitatif dan kreatif serta mendeskripsikan kaitan antara closed task dan open task yang diberikan dengan tipe penalaran imitatif dan kreatif yang muncul.Penelitian ini merupakan design research. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas 8-1 dan 2 siswa kelas 8-7 di SMP Negeri 4 Waru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan catatan lapangan, tes penalaran imitatif dan kreatif, serta wawancara berbasis tugas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis hasil catatan lapangan berdasarkan setiap tahapan mendesain dan analisis hasil wawancara berdasarkan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh, diantaranya: (1) Mendesain closed task yang mendorong munculnya penalaran imitatif dilakukan berdasarkan tahapan Gravemeijer dan Cobb diawali dengan menyusun HLT, mendesain closed task dengan memerhatikan materi dan tugas yang pernah ditemui siswa, kemudian diujicobakan dan dianalisis kesesuaiannya dengan HLT; (2) Mendesain open task yang mendorong munculnya penalaran kreatif dilakukan berdasarkan tahapan Gravemeijer dan Cobb diawali dengan menyusun HLT, mendesain open task dengan memerhatikan materi dan tugas yang belum pernah ditemui siswa, kemudian diujicobakan dan dianalisis kesesuainnya dengan HLT; (3) Pemberian closed task terkait penentuan suku berikutnya dari cerita yang disajikan cenderung memunculkan tipe AR, sementara closed task terkait penentuan rumus suku ke-n dari suatu konfigurasi objek, cenderung memunculkan tipe MR; (4) Pemberian open task terkait penentuan suku berikutnya dari cerita yang disajikan cenderung memunculkan tipe LCR, sementara open task terkait penentuan rumus suku ke-n dari suatu konfigurasi objek, memunculkan tipe LCR dan GCR.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dina, Anni Mujahidadannimujahidaddina@gmail.comD74216086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Closed Task; Open Task; Tipe Penalaran Imitatif; Tipe Penalaran Kreatif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anni Mujahidad Dina
Date Deposited: 03 Mar 2021 09:12
Last Modified: 03 Mar 2021 09:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46859

Actions (login required)

View Item View Item