Transformasi sosial dalam armada angkutan kota masa pandemi Covid-19 di Kota Surabaya : tinjauan teori perubahan sosial dan struktural fungsional Talcott Parsons

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kanafi, Rakhma Via Sabillah (2021) Transformasi sosial dalam armada angkutan kota masa pandemi Covid-19 di Kota Surabaya : tinjauan teori perubahan sosial dan struktural fungsional Talcott Parsons. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rakhma Via Sabillah Kanafi_I03217018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana transformasi sosial yang terjadi pada angkutan kota selama masa pandemi covid-19. Transformasi yang terjadi ialah akibat dari ditetapkannya regulasi yang mengatur mengenai operasional angkutan kota dimasa pandemi covid-19. Dari permasalahan tersebut yang menjadi sub masalah yang dikaji adalah regulasi apa yang ditetapkan pemerintah terkait operasional angkutan kota dimasa pandemi covid-19, respon dari sopir angkutan kota dan penumpang angkutan kota terkait diterapkannya regulasi yang mengatur mengenai operasional angkutan kota dimasa pandemi covid-19, serta perubahan dalam bentuk sikap, perilaku, pemikiran setelah adanya regulasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi di masyarakat adalah Teori Strukturaal Fungsional dan Perubahan Talcott Parson. Peneliti menemukan, bahwa (1) Regulasi yang mengatur tentang operasional angkutan kota dimasa pandemi covid-19 tertuang dalam Peraturan Walikota No 16 Tahun 2020 Pasal 18 dan No 33 tahun 2020 Pasal 24, tidak hanya mengedepankan kualitas pelayanan, akan tetapi juga protokol kesehatan, implementasinya belum maksimal, karena proses adaptasi belum sempurna dari semua pihak, yakni Dinas Perhubungan, Sopir Angkutan Kota, dan Pengguna jasa angkutan kota; (2) Respon sopir dan warga masyarakat pengguna Armada Angkotan Kota dengan ditetapkan dan diimplementasikan regulasi operasional angkutan kota dalam masa pandemi ini terpolarisasi, ada yang merespon secara positif dengan mematuhi semua regulasi yang berlaku, ada yang merasa enggan tetapi tidak berani mengungkapkan secara terang-terangan, ada yang keberatan tetapi tidak menyampaikan, bahkan ada yang tidak terus terang menolak, alasannya terkait finansial; (3) Terjadi perubahan secara variatif sikap, perilaku dan pemikiran sopir dan masyarakat pengguna angkot dengan adanya regulasi yang mengatur mengenai operasional angkutan kota di masa pandemi covid-19, ada yang mengalami perubahan yang konsisten namun ada pula yang tidak konsisten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kanafi, Rakhma Via Sabillahsabillahkanafi@gmail.comI03217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Sosiologi
Keywords: Transformasi Sosial; Angkutan Kota; Pandemi covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rakhma Via Sabillah Kanafi
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:17
Last Modified: 04 Mar 2021 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46916

Actions (login required)

View Item View Item