Pesan dakwah dalam Film Horor Indonesia: studi Kasus pada Film Pengabdi Setan menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hardiyanti S., Kiki Maulfi Hardiyanti (2021) Pesan dakwah dalam Film Horor Indonesia: studi Kasus pada Film Pengabdi Setan menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Maulfi Hardiyanti S_B76216062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini menjelaskan tentang sebuah keluarga yang menganut ajaran Islam. Namun, keluarga tersebut tidak melakukan ajaran sesuai syari’at Islam. Dalam hal ini salah satu anggota keluarga menjadi penganut setan. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan keturunan. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti merumuskan masalah yaitu “Apa pesan dakwah yang terkandung dalam film horor prngabdi setan?" untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode dan jenis penelitian analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan dakwah dalam film horor pengabdi setan memiliki tiga pesan, yaitu pesan aqidah, pesan syari’ah, dan pesan akhlak. Hal tersebut dirangkum berdasarkan tiga teori yaitu monologi, dialogika, dan pembinaan teknik berbicara. Tiga teori tersebut digunakan untuk memperoleh pesan dakwah dari film horor pengabdi setan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hardiyanti S., Kiki Maulfi Hardiyantimoulfikiki@gmail.comB76216062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com197911242009121001
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Pesan; Dakwah; Film horor.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: kiki maulfi
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:35
Last Modified: 07 Mar 2021 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46934

Actions (login required)

View Item View Item