Gerakan Muhammadiyah di Desa Golokan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik Tahun 1968-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Siti Nur (2020) Gerakan Muhammadiyah di Desa Golokan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik Tahun 1968-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Khoiriyah_A02213090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan Historis dan Sosiologi yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa pada masa lampau serta mempelajari hidup bermasyarakat. Adapun metode penulisan yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode heuristik dengan cara mengumpulkan sumber-sumber yang terkait dengan pembahasan, verifikasi dengan cara meneliti sumber-sumber yang diperoleh guna untuk mengetahui kejelasan. Teori yang diambil dari penelitian ini adalah teori perubahan sosial menurut Selo Soemardjan yaitu segala perubahan yang ada pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dapat mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai dan sikap. Peniliti juga menggunakan teori konflik yang dicetuskan oleh Lewis A. Coser yang mengatakan suatu realitas kehidupan masyarakat dimana setiap kemajuan suatu wilayah atau kelompok diperlukan adanya konflik untuk menuju perubahan, karena tidak akan ada perubahan tanpa adanya konflik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa () sejarah berdirinya Muhammadiyah di Desa Golokan tahun 1968-2015 yang dibawah oleh KH. Ghufron Umar, awalnya karena kondisi masyarakat yang masih mengikuti tradisi-tradisi yang tidak ada tuntutannya dalam ajaran Islam serta kurangnya pemahaman dan pengalaman terhadap Agama Islam dalam praktek kehidupan sehari-hari. (2) Perkembangan Muhammadiyah di Golokan ini banyak mengalami kemajuan yang cukup pesat pada awal kemunculannya dan cukup baik dari segi amal usahanya. (3) Adanya respon positif dan negatif pada saat itu, karena tidak semua orang bisa menerima kedatangan Muhammadiyah di Desa Golokan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Siti Nurchoiriyahnur80@gmail.comA02213090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ahmad Nurahmadnurfuad@yahoo.com2011116401
Subjects: Muhammadiyah
Organisasi Masyarakat
Keywords: Muhammadiyah; gerakan muhammadiyah; Berdirinya Muhammadiyah di gresik.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Khoiriyah Siti Nur
Date Deposited: 10 Mar 2021 09:54
Last Modified: 10 Mar 2021 09:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46993

Actions (login required)

View Item View Item