Sejarah perkembangan kesenian karawitan Joyo Samudro di pondok pesantren Sunan Drajat (2014 M- 2019 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswah, Izzatun (2020) Sejarah perkembangan kesenian karawitan Joyo Samudro di pondok pesantren Sunan Drajat (2014 M- 2019 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatun Niswah_A02216019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik (pengumpulan), verifikasi (kritik), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang bertujuan untuk merekontruksi masa lalu umat manusia dengan melihat suatu peristiwa dari segi kesadaran sosial yang mendukungnya.Sedangkan landasan teori yang digunakan yaitu teori Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan). Hasil penelitian skripsi ini dapat di simpulkan bahwa: (1) Pondok Pesantren Sunan Drajat berdiri pada tahun 1977, pendirinya bernama K.H. Abdul Ghofur dengan di bantu tokoh masyarakat sekitar. Dan mengalami perkembangan yang begitu pesat baik darisantrinya, lembaga pendidikan maupun kesenian tradisional(2) Kesenian karawitan Joyo Samudro berdiri pada tahun 2014 atas inisiatif K.H. Abdul Ghofur, dengan ketua pertama David Maulana Mustafa.Dalam perjalanannya mengalami perkembangan baik dari pemain, alat musik dan visi misi(3) Kesenian karawitan mengandung nilai-nilai Islam baik dari alat musiknya maupun tembang-tembang yang dinyanyikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswah, Izzatunniswahizzatun9@gmail.comA02216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Kesenian
Sejarah
Keywords: Kesenian karawitan; Pondok Pesantren Sunan Drajat.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Izzatun Niswah
Date Deposited: 13 Mar 2021 02:31
Last Modified: 13 Mar 2021 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47008

Actions (login required)

View Item View Item