Implikasi Hadis Larangan Marah dengan Pendekatan Psikologi: studi analisis riwayat Sunan al-Tirmidhi Nomor Indeks 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Salma (2021) Implikasi Hadis Larangan Marah dengan Pendekatan Psikologi: studi analisis riwayat Sunan al-Tirmidhi Nomor Indeks 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Auliya_E95217041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui status dan ke-h{ujjah-an hadis larangan marah sunan al-tirmidhi no indeks 2020 dan untuk mengetahui implikasi hadis larangan marah dalam pendekatan psikologi dan untuk mengetahui kontribusi sunan al-tirmidhi no indeks 2020 dalam perkembangan ‘Ulum al-hadith. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research (penelitian kepustakaan). Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan sumber-sumber data yang menggunakan bahasa Arab ataupun Indonesia yang mempunyai hubungan dengan pokok pembahasan penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan penjelasan terkait dengan hadis larangan marah dan bertujuan untuk melihat hal-hal yang dapat memicu marah pada setiap orang dan dampak apa yang didapat dari seseorang yang mudah marah. Dari penelitian ini akan mencoba menjawab serta memberi pemahaman lebih terkait dampak marah yang kemudian dianalisa melalui pendekatan psikologi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah hadis larangan marah bahwasannya marah tidak dilarang tetapi untuk dikendalikan karena dapat mempengaruhi psikis seseorang memberikan dampak buruk apabila marah tidak dilampiaskan atau diluapkan. Serta implikasi marah ini sangat mempengaruhi kondisi psikis seseorang yang menyebabkan dampak buruk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Salmasalmaauliya263@gmail.comE95217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah.uinsa@gmail.com2007027401
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Marah; al-Tirmidhi; Psikologi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Salma Auliya
Date Deposited: 16 Mar 2021 11:07
Last Modified: 16 Mar 2021 11:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47060

Actions (login required)

View Item View Item