Perancangan As-Sunnah Center dengan pendekatan arsitektur Islam di kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ambiya, Shebib (2021) Perancangan As-Sunnah Center dengan pendekatan arsitektur Islam di kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN - Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shebib Ambiya_H73214021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan mengaji merupakan sebuah kegiatan yang tidak lagi asing di tengah-tengah masyarakat. Tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya mengaji mulai tumbuh pada setiap individu masyarakat, baik dari remaja hingga yang beranjak tua. Kemudahan berkomunikasi yang tidak lagi terbatas oleh waktu dan jarak telah mengubah pola hidup manusia. Fenomena tersebut menjadi salah satu dampak positif terhadap persebaran dakwah melalui media elektronik. Maka dari itu, mulai terlihat komunitas-komunitas yang ingin mempelajari agama Islam dengan memusatkan segala kegiatan pada masjid di Kota Surabaya. Hal ini mereka lakukan untuk semata-mata ingin mendekatkan diri mengenal agama melalui metode pengajaran nabi besar, Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam, baik yang bersifat wajib ataupun sunnah. Perancangan As-Sunnah Center dilakukan untuk menampung berbagai macam aktivitas komunitas pemuda mengaji dalam meningkatkan ilmu agama dan menerapkan ilmu yang telah mereka ketahui. Pendekatan rancangan dengan Arsitektur Islami diharapkan dapat mengintegrasikan aturan yang berpedoman Al qur’an dan As sunnah dengan mengambil nilai-nilai Islam ke dalam rancangan. Dalam perkembangannya, para komunitas sering menggunakan istilah sunnah dalam setiap aktivitasnya. Dengan mengamalkan pelajaran dari Al quran dan As sunnah di kehidupan sehari-hari. Para komunitas mampu lebih mengenal bagaimana seharusnya seorang muslim dan muslimah dalam menjalani kehidupan ini, baik dalam berhubungan dengan antar manusia, binatang, maupun lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dalam perancangan ini pendekatan Arsitektur Islam dianggap lebih sesuai untuk menjadi pendekatan perancangan dalam menyampaikan bagaimana konsep berhubungan antar sesama melalui nilai-nilai yang terkandung dalam ajaram Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ambiya, Shebibshebib.ambiya21@gmail.comH73214021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Ahlusunnah Waljama'ah
Hadis
Keywords: Mengaji; Komunitas; Al-Quran dan As-Sunnah.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Shebib Ambiya
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:46
Last Modified: 23 Mar 2021 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47115

Actions (login required)

View Item View Item