Analisis Yuridis terhadap Penetapan Isbat Nikah dengan Istri Pertama dalam Perkara Nomor 2726/Pdt.G/2020/PA.Sda di Pengadilan Agama Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Awiddah Rif'atul (2021) Analisis Yuridis terhadap Penetapan Isbat Nikah dengan Istri Pertama dalam Perkara Nomor 2726/Pdt.G/2020/PA.Sda di Pengadilan Agama Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Awiddah Rif’atul Ulya_C91217042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, yakni pembacaan terhadap teks yang selanjutnya akan dianalisis kemudian disimpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah Penetapan Pengadilan Agama Sidoarjo tentang perkara isbat nikah yang penulis himpun dari literatur yang ada. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan jo Pasal 14 sampai dengan Pasal 38 Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan jo Pasal 5 Kompilasi Hukum Islam yang merupakan dasar hukum Ketua Majelis Hakim Pengadilan Agama Sidoarjo yang menetapkan isat nikah tersebut sudah bahwa dasar hukum yuridis dan alasan kuat seorang hakim untuk mengabulkan permohonan isbat nikah dalam proses persidangan yang syaratnya terbukti pada perkawinan tersebut benar telah dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam. Juga telah menetapkan sahnya perkawinan antara Fulan dan Fulanah. Dan tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, agar terjamin ketertiban perkawinan bagi masyarakat Islam. Kedua, menurut pasal 7 ayat (3) huruf b Kompilasi Hukum Islam, pertimbangan Ketua Majelis Hakim memang tepat, karena buku nikah tersebut dianggap hilang atau terkena musibah alam sehingga Ketua Majelis hakim memiliki dasar hukum untuk mengabulkan permohonan isbat nikah tersebut. Peneliti memberikan saran, bagi pasangan yang melaksanakan pernikahan, hendaknya dapat menjaga dokumen-dokumen penting agar tidak terjadi kerusakan dikemudian hari, atau di copy agar tidak perlu khawatir lagi apabila ada kehilangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Awiddah Rif'atulawiddahra31@gmail.comC91217042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata
Nikah
Keywords: Isbat Nikah; Nikah Sirri; Pernikahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Awiddah Rif'atul Ulya
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:19
Last Modified: 26 Mar 2021 09:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47181

Actions (login required)

View Item View Item