Analisis pengaruh indeks pembangunan manusia, investasi, dan pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan di daerah-daerah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2011-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Iszur Maulana Sabililah (2020) Analisis pengaruh indeks pembangunan manusia, investasi, dan pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan di daerah-daerah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2011-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iszur Maulana Sabililah Ramadhan_G71216042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan sumber data berasal dari Badan Statistik Provinsi Jawa Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan bantuan program Eviews11 dengan data panel. Secara simultan hasil dari variabel indeks pembangunan manusia, investasi dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Hal ini karena dapat dibuktikan dengan hasil pengujian nilai F hitung sebesar 2,635 dengan probabilitas variabel indeks pembangunan manusia, investasi dan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,000 sehingga lebih kecil dari pada nilai signifikasi sebesar 0,05 (5%) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dan secara parsial variabel IPM terhadap ketimpangan pendapatan daerah-daerah di Provinsi Jawa Timur berpengaruh positif dan signifikan, karena hasil pengujian sebesar 0,0000, dan nilai t-Statistik sebesar 14.54922 dengan koefisien bertanda positif. Berbeda dengan variabel investasi terhadap ketimpangan pendapatan daerah-daerah di Provinsi Jawa Timur berpengaruh negatif dan signifikan, karena hasil pengujian sebesar 0.0066 dan nilait-Statistik sebesar -1.619237 dengan koefisien bertanda negatif. Sedangkan Variabel pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan daerah-daerah di Provinsi Jawa Timur berpengaruh positif dan signifikan karena nilai sebesar 0.0112 dan nilai t-statistik sebesar 1.593844 dengan koefisien bertanda positif. Walaupun tingkat harapan hidup di provinsi Jawa Timur mengalami kenaikan, komponen-komponen lain juga perlu dicermati oleh pemerintahan daerah. Komponen Indeks Pembangunan Manusia (IPM) antara lain indeks kesehatan, indeks pendidikan,dan indeks daya beli, untuk itu butuh adanya kebijakan maupun program yang menunjang kenaikan Indeks Pembangunan Manusia. Tidak hanya upaya peningkatan pendampingan dan evaluasi program perlu ditinjau ulang agar program pemerintah tepat pada sasara. Upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia sebaiknya di fokuskan pada kabupaten-kabupaten yang masi tertinggal atau yang belum berkembang untuk mengurangi ketimpangan ditribusi pendapatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Iszur Maulana Sabililahiszurm@gmail.comG71216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi
Keywords: Indeks Pembanguan Manusia; Investasi; Pertumbuhan Ekonomi; Ketimpangan Pendapatan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Iszur Maulana Sabililah Ramadhan
Date Deposited: 26 Mar 2021 11:18
Last Modified: 26 Mar 2021 11:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47186

Actions (login required)

View Item View Item