Konsep pembersihan batin dan zahir perspektif Abdus Shamad al- Palimbani dalam Kitab Hidayatus Salikin.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khosyi'in, Rizky zainul (2021) Konsep pembersihan batin dan zahir perspektif Abdus Shamad al- Palimbani dalam Kitab Hidayatus Salikin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Zainul Khosyi’in_E97216028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini membahas tentang konsep pembersihan batin dan zahir perspektif Abdus Shamad al-Palimbani dalam kitab Hidayatus Salikin. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah mengkaji beberapa hal yaitu, pertama, mengenai pendapat dari para tokoh tasawuf dalam mendefinisikan batin dan zahir. Kedua, mengenai.konsep pembersihan batin dan zahir dalam pandangan al-Palimbani dalam kitab Hidayatus Salikin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pembersihan batin dan zahir menurut pandangan al-Palimbani dalam kitab Hidayatus Salikin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah kualitatif melalui penggunaan teknik penelitian pustaka (library research), yaitu dengan mengkaji, menelaah, membaca, menganalisis literatur yang ada sebagai metode dalam pengumpulan data. Kemudian konsep pembersihan batin dan zahir menurut al-Palimbani adalah dengan menjaga tujuh anggota badan, yakni mata, telinga, lidah, perut, faraj, tangan, dan kedua kaki dengan melakukan sepuluh ketaatan batin yaitu dengan taubat, khauf, zuhud, sabar, syukur, ikhlas, tawakkal, mahabbah, ridha, dan dzikirul maut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode atau konsep yang dijelaskan oleh al-Palimbani sangat bisa dilakukan oleh seorang muslim untuk menemukan jalan yang benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khosyi'in, Rizky zainulzainulrizkykh@gmail.comE97216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Agama
Aliran Kebatinan
Agama > Biografi Tokoh
Ibadah
Keywords: Batin dan Zahir, al-Palimbani; Hidayat al-Salikin.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Rizky zainul
Date Deposited: 30 Mar 2021 00:33
Last Modified: 30 Mar 2021 00:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47191

Actions (login required)

View Item View Item