Urgensi menulis dalam al-Quran surat Al-'Alaq ayat 1-5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirunnisa, Siti Kurniawati (2021) Urgensi menulis dalam al-Quran surat Al-'Alaq ayat 1-5. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Kurniawati Khoirunnisa_E73214065.PDF

Download (2MB)

Abstract

Alquran adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam. Umat Islam percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad dan difirmankan langsung oleh Allah pada Nabi melalui malaikat Jibril. Sehingga pada saat itu umat muslim menghormati Alquran sebagai sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad. Alquran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi yang dapat menjadi sarana ibadah dengan membacanya. Sedangkan wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad adalah surah Al-‘Alaq ayat 1-5. Dalam ayat tersebut menjelaskan tentang pentingnya membaca dan menulis sebagai pilar ilmu bagi manusia. Dalam perintah tersebut dianjurkan agar melakukan kegiatan membaca secara berulang-ulang, tujuannya bisa mendapatkan hasil sempurna. Namun tak hanya perintah membaca untuk mencapai tujuan tersebut, tetapi juga diperintahkan untuk menulis. karena dengan ditulisnya ilmu setelah dibaca maka akan abadi selamanya. Seperti halnya ucapan Rasulullah “Qoyyidul ‘ilma bil-kitabi”. Kegiatan menulis bernilai ibadah apabila niat, proses, serta tujuannya berlandaskan lillahi ta’ala semua karena Allah dan memiliki nilai berguna bagi semua khalayak. Manfaat menulis sangat jelas bahwa banyak sekali, Karena menulis erat dengan pelestarian ide, gagasan, konsep. Tulisan akan terasa bermanfaat apabila di publikasikan ke semua orang. Melalui tulisan sehingga orang bisa mengembangkan konsep yang ada sebelumnya menjadi lebih berkualitas dan berguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirunnisa, Siti Kurniawatinisak609@gamil.comE73214065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id;aang.efha@gmail.com2006075901
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Menulis
Keywords: Menulis; membaca; mufassir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Siti kurniawati Khoirunnisa
Date Deposited: 30 Mar 2021 00:38
Last Modified: 30 Mar 2021 00:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47219

Actions (login required)

View Item View Item