Peran balai pemasyarakatan Kelas I Surabaya dalam proses pendampingan dan pembimbingan kemasyarakatan anak di bawah umur yang terjerat kasus hukum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wasath, Walid (2021) Peran balai pemasyarakatan Kelas I Surabaya dalam proses pendampingan dan pembimbingan kemasyarakatan anak di bawah umur yang terjerat kasus hukum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Walid Wasath_I73216059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan ini ialah bagaimana Peran Balai Pemasyarakatan yang melaksanakan pendampingan kemasyarakatan dan pembimbingan anak di bawah umur yang terjerat kasus hukum.Dalam rumusan masalah terdapat sebuah sub pembahasan didalamnya, antara lain peran Balai Pemasyarakatan, bentuk – bentuk tindakan anak yang terjerat kasus hukum, proses pendampingan dan pembimbing anak terjerat kasus hukum yang berada dikawasan Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya. Metode kualitatif deskriptif ialah yang digunakan penelitian ini dengan Pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.Fenomena ini dapat dkaitkan menggunakan Teori ”Struktural Fungsianal“Robert K Merton”. Ditemukannya hasil penelitian jika (1) peran Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan Peraturan Kementrian Hukum Dan Ham. Pendamping kemasyarakatan melaksanakan dengan baik proses pembimbingan anak yang terjerat kasus hukum dalam mempertanggungjawabkan tindakannya dengan bentuk-bentuk yang sudah terstruktur dengan baik sehingga, menjadikan acuan anak tersebut untuk tidak melakukan tindakan yang tidak akan diulang kembali saat usai diproses hukum di balai permasyarakatan dan saat kembali dilingkungan masyarakat.(2) terdapat bentuk - bentuk kasus hukum yang dihadapi anak dibawah umur di Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya.(3) pada kehidupan sosial adanya masyarakat kita dapat memperhatikan bahwa teori struktural fungsional berfungsi kepada sistem seperti BAPAS, yaitu pemerintahan membentuk BAPAS untuk memberikan bantuan dan bimbingan kepada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wasath, Walidwalid090798@gmail.comI73216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Peradilan
Keywords: Balai Pemasyarakatan; Anak Dibawah Umur; Structural Fungsional.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Walid Wasath
Date Deposited: 03 Apr 2021 11:59
Last Modified: 03 Apr 2021 11:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47293

Actions (login required)

View Item View Item