Hubungan antara Self-compassion dengan Regulasi Emosi pada Ibu yang Memiliki Anak Autis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyah, Ainaini (2021) Hubungan antara Self-compassion dengan Regulasi Emosi pada Ibu yang Memiliki Anak Autis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainaini Shofiyah_J01216002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan regulasi emosi pada ibu yang memiliki anak autis. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara self-compassion dengan regulasi emosi pada ibu yang memiliki anak autis. Responden yang digunakan dalam penelitian ini merupakan ibu-ibu yang memiliki anak autis di SLB Bina Mandiri, Yayasan Advokasi Sadar Autisme Surabaya, dan beberapa orang dari kenalan peneliti, dengan jumlah keseluruhan responden adalah 41 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua skala, yaitu skala Self-compassion (Self-compassion Scale) yang diadaptasi dari Neff (2003a) dengan metode terjemahan tanpa mengubah format skala dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,777 dari total 26 aitem, dan skala regulasi emosi yang dikembangkan oleh peneliti mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Gross dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,826 dari total 20 aitem. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Data yang dianalisis menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan yang positif antara self-compassion dengan regulasi emosi pada ibu yang memiliki anak autis (r = 0.604, p = 0.00, p < 0.05) dengan sumbangan efektif yang diberikan yaitu sebesar 36,5%. Artinya semakin tinggi kemampuan self-compassion yang dimiliki maka semakin tinggi pula tingkat regulasi emosi yang dimiliki pada ibu yang memiliki anak autis. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyah, Ainainiainainis30@gmail.comJ01216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id2011057603
Subjects: Psikologi
Keywords: Self-compassion; Regulasi Emosi; Ibu yang Memiliki Anak Autis.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ainaini Shofiyah
Date Deposited: 06 Apr 2021 10:21
Last Modified: 06 Apr 2021 10:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47337

Actions (login required)

View Item View Item