Perancangan sentra kerajinan Batik di Kotawaringin Barat dengan pendekatan Arsitektur Regionalisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarochi, Ahmad Ubaidillah (2021) Perancangan sentra kerajinan Batik di Kotawaringin Barat dengan pendekatan Arsitektur Regionalisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ubaidillah Alfarochi_H73216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan pada sektor pariwisata mengalami peningkatan yang cukup signifikan di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Kotawaringin Barat. Hal tersebut mempengaruhi tingginya peningkatan pada sektor UMKM, serta menyebabkan berbgai produk khususnya produk lokal kurang dikenali oleh masyarakat maupun wisatawan, salah satunya yaitu batik. Perancangan Sentra Kerajinan Batik di Kotawaringin Barat dengan Pendekatan Arsitektur Regionalisme sejalan dengan RPJMD Kabupaten Kotawaringin Barat 2017-2022 dalam pengadaan sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan dan menampung produk hasil-hasil home industri, kelompok usaha bersama dan UMKM yang khas yaitu batik. Selain proses pembuatan dan hasil produksi batik, pada perancangan sentra kerajinan batik juga memberikan fasilitas edukatif, rekreatif dan ekonomi bagi pengembangan bisnis UMKM. Tema “Budaya sebuah Cipta, Rasa, Karsa dan Karya” dan penerapan pendekatan arsitektur regionalisme dalam rancangan menunjukkan karakteristik budaya dan merepresentasikan nilai dan makna filosofis budaya regional, serta fungsi kawasan rancangan sebagai sentra kerajinan batik yang selaras dengan tema dan pendekatan yang diterapkan dalam memberikan dan melestarikan budaya regional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfarochi, Ahmad Ubaidillahubedodol@gmail.comH73216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@uinsby.ac.id197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Perancangan; sentra; Batik; Arsitektur regionalisme.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Ahmad Ubaidillah Alfarochi
Date Deposited: 09 Apr 2021 09:56
Last Modified: 09 Apr 2021 09:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47410

Actions (login required)

View Item View Item