Persepsi masyarakat tentang eksistensi Janda di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insani, Wachidunita Nur (2020) Persepsi masyarakat tentang eksistensi Janda di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wachidunita Nur Insani_I03216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat tentang eksistensi janda dan faktor-faktor yang menyebabkan adanya persepsi di Kecamatan Taman Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan karena adanya stigma negatif yang terdapat pada seorang perempuan yang berstatus janda . Dalam rumusan masalah terdapat dua kunci yaitu persepsi masyarakat tentang eksistensi janda dan faktor-faktor yang melatarbelakangi adanya persepsi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena ini adalah Feminis Liberal tinjauan Naomi Wolf. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa persepsi masyarakat tentang eksistensi janda terdapat persepsi positif dan persepsi negatif. Selain itu juga ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya persepsi diantaranya: faktor usia;faktor jenis kelamin, keadaan janda yang beraneka ragam, baik perasaan, pengalaman, dan sikap mereka sehari-hari; faktor keadaan masarakat yang mempersepsi; faktor prngalaman bersama kaum janda; serta kondisi lingkungan masyarakat dengan kultur yang guyub rukun dengan hubungan spontan seperti saudara, saling menjaga dan berempati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insani, Wachidunita Nurwachidunita@gmail.comI03216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Subjects: Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat
Sosiologi > Sosiologi Islam
Keywords: Persepsi; Masyarakat; Eksistensi Janda.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Insani Wachidunita Nur
Date Deposited: 11 Apr 2021 06:34
Last Modified: 11 Apr 2021 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47452

Actions (login required)

View Item View Item