Pengembangan pembelajaran matematika model realistik berbasis masalah dengan pendekatan etnomatematika tukang bangunan di Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Asrifa'ul (2021) Pengembangan pembelajaran matematika model realistik berbasis masalah dengan pendekatan etnomatematika tukang bangunan di Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asrifa'ul Jannah_D74216040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model realistik berbasis masalah dengan pendekatan etnomatematika tukang bangunan di Gresik yang valid dan praktis. Pada penelitian ini perangkat yang dikembangkan yaitu RPP dan LKPD. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan untuk mempermudah pemahaman peserta didik pada materi bangun datar dengan mengaitkan etnomatematika tukang bangunan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp. Model pengembangan plomp terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, validasi dan catatan lapangan. Metode wawancara ini digunakan untuk memperoleh data bentuk matematika yang digunakan oleh tukang bangunan di Gresik. Validasi digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Uji coba tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia sehingga proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka di sekolah. Dari hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: ditemukan bentuk etnomatematika pada aktivitas tukang bangunan di Gresik diantaranya, model matematika dalam bentuk operasi hitung perkalian, dan fungsi linier. Kevalidan pada RPP sebesar 3,98 terdapat pada kategori “valid”, sedangkan kevalidan pada LKPD sebesar 4,08 terdapat pada kategori “valid”. Perangkat pembelajaran mencapai kriteria praktis dengan memperoleh rata-rata penilaian “B” yang artinya dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Asrifa'ulasrifaul.jannah@gmail.comD74216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Model Pembelajaran Realistik Berbasis Masalah; Etnomatematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Asrifa'ul Jannah
Date Deposited: 11 Apr 2021 08:34
Last Modified: 11 Apr 2021 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47455

Actions (login required)

View Item View Item