Pengembangan bisnis industri konveksi dalam upaya mendukung industri halal fashion di Jawa Timur: studi sentra industri konveksi Desa Tritunggal Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizki, Achmad Farid (2020) Pengembangan bisnis industri konveksi dalam upaya mendukung industri halal fashion di Jawa Timur: studi sentra industri konveksi Desa Tritunggal Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Farid Rizki_G94216146.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kasjian pustaka, dokumentasi dan wawancara dengan informan. Informan dalam hal ini adalah Kepala Desa Tritunggal dan pengrajin di Sentra Industri Konveksi Desa Tritunggal Babat Lamongan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) gaya hidup halal saat ini sedang digemari oleh masyarakat. Karena gaya hidup halal dengan mengkonsumsi atau menggunakan produk halal dianggap menjadi salah satu mutu jaminan kualitas produk. 2) Sentra Industri Konveksi Desa Tritunggal memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi industri fashion halal di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Dengan memiliki 150 pengrajin (baik skala kecil, menengah, dan besar), dan melibatkan 617 tenaga kerja, serta memiliki jangkauan pasar yang luas meliputi pulau Jawa dan luar Jawa. Maka pengembangan yang dilakukan meliputi aspek (a) produksi yang sesuai syariat (bahan baku, pengembangan produk, pembiayaan/ permodalan dan sumber daya manusia), (b) penyimpanan, (c) pemasaran (label halal, digital marketing), (d) distribusi, dan (e) terciptannya persaingan yang sehat, dan (e) sertifikasi halal oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Keyword: Halal Industri Fashion, Halal Lifesyle, Jaminan Produk Halal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizki, Achmad Faridrizki.achmadfarid@gmail.comG94216146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Bisnis
Keywords: Halal Industri Fashion; Halal Lifesyle; Jaminan Produk Halal.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Achmad Rizki
Date Deposited: 11 Apr 2021 07:50
Last Modified: 11 Apr 2021 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47462

Actions (login required)

View Item View Item