Sejarah perkembangan Kopontren Basmalah Pondok Pesantren Sidogiri (1961-2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Diana (2020) Sejarah perkembangan Kopontren Basmalah Pondok Pesantren Sidogiri (1961-2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Lestari_A02216009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang mengandung unsur sejarah terdiri dari beberapa tahapan diantaranya heuristik, verifikasi, intepretasi dan historiografi. Teori yang ada dalam skripsi ini menggunakan teori Ibnu Khaldun yakni teori sejarah ekonomi. Dimana menurut Ibnu Khaldun, sejarah ekonomi merupakan perkembangan suatu industri akan maju apabila daya tarik konsumen meningkat dan sebaliknya suatu indutri akan mengalami kebangkrutan apabila daya tarik konsumen mengalami penurunan. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kopontren Basmalah memiliki peran ekonomi syariah di era modernitas. Kopontren yang awalnya hanya diperuntukkan untuk santri pondok pesantren Sidogiri kemudian merambah ke masyarakat dan memperluas jaringannya hampir se- Jawa Timur. Hal ini tentu saja tak lepas dari pengaruh daya tarik konsumen yang mempercayai kopontren Basmalah. Dalam penelitian ini akan memperjelaskan tentang sejarah dan juga perkembangan kopontren Sidogiri bernama Basmalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Dianalestaridiana997@gmail.comA02216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Ekonomi Islam
Sejarah
Keywords: Kopontren Basmalah; pondok pesantren Sidogiri.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Diana Lestari
Date Deposited: 11 Apr 2021 08:13
Last Modified: 11 Apr 2021 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47463

Actions (login required)

View Item View Item