Pesan moral dalam Film “Keluarga Cemara 2019”: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahya, Rizqi Dwi (2020) Pesan moral dalam Film “Keluarga Cemara 2019”: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqi Dwi Cahya_B06216036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana pesan moral dalam film keluarga cemara.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pesan moral dalam film keluarga cemara, dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes.Hasil penelitian ini yang pertama yakni kebersamaan bersama keluarga yang selalu mendukung, memberikan semangat serta motivasi di dalam keluarga.Tidak hanya itu, hangatnya kebersamaan di dalam keluarga dapat menimbulkan kenyamanan serta rasa saling perduli terhadap saudara. Yang kedua tali silaturrahmi itu sangatlah penting, karena merupakan perbuatan baik untuk saling terhubung satu sama lain. Ketiga, kesederhanaan. Hidup sederhana bukan berarti kita tidak bahagia, dengan cara kita masing – masing kesederhanaan itu akan tumbuh di dalam keluarga kita. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menganalisis film keluarga cemara dengan menggunakan metode analisis selain Roland Barthes, atau menggunakan lebih dari satu metode analisis yang lain sehinggadapat di bandingkan hasil analisisnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahya, Rizqi Dwirizqidwi170299@gmail.comB06216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Pesan moral; Film; Semiotika.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rizqi Dwi Cahya
Date Deposited: 02 May 2021 23:24
Last Modified: 02 May 2021 23:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47595

Actions (login required)

View Item View Item