Pesan moral dalam film 99 Nama Cinta analisis semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Satria Fathur (2021) Pesan moral dalam film 99 Nama Cinta analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Satria Fathur Rahman_B05217064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika model Charles Sanders Pierce dengan menggunakan skema triadik yang terdiri dari representamen, object dan interpretant. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dalam bingkai teori norma budaya. Hasil dari penelitian ini adalah representamen (tanda) pesan moral digambarkan melalui dialog dari para pemain. Selanjutnya, object merupakan sesuatu yang direpersentasikan. Dalam penelitian ini, object disini terlihat pada gaya bicara, gestur tubuh serta dialog pesan moral yang muncul sebagai tanda lalu diproses oleh peneliti yang kemudian hasilnya disimpulkan menggunakan bahasa peneliti. Selanjutnya, interpretant merupakan interpretasi seseorang terhadap tanda. Interpretant pesan moral dalam film ini merupakan penafsiran peneliti yang dihasilkan dari representamen. Sehingga didapat kesimpulan pesan moral yang terkandung dalam film “99 Nama Cinta” antara lain: saling membantu sesama manusia, menghindari gosip, jangan menilai seseorang hanya dari penampilan, berhati-hati dalam bertutur kata, tidak berburuk sangka kepada Allah, dan saling memaafkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Satria Fathurfathurrohman1608@gmail.comB05217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Subjects: Film
Keywords: Pesan Moral; Film; Semiotika Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Satria Fathur Rahman
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:02
Last Modified: 20 Apr 2021 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47596

Actions (login required)

View Item View Item