Korelasi antara kompetensi pedagogik guru al-qur'an hadits dalam mengelola kelas virtual dengan minat belajar siswa kelas IX di MTsN Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Lailatul (2021) Korelasi antara kompetensi pedagogik guru al-qur'an hadits dalam mengelola kelas virtual dengan minat belajar siswa kelas IX di MTsN Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fitriyah_D91217104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits dalam mengelola pembelajaran di kelas virtual berperan dalam menciptakan pembelajaran bermakna pada pembelajaran jarak jauh. Peningkatan kompetensi pedagogik tersebut berkorelasi dengan minat belajar siswa mengikuti pembelajaran di kelas virtual. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui 1) kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits dalam mengelola kelas virtual di MTsN Gresik 2) minat belajar siswa kelas IX, dan 3) korelasi antara kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits dalam mengelola kelas virtual dengan minat belajar siswa kelas IX di MTsN Gresik. Penelitian pada skripsi ini berjenis kuantitatif korelasional dengan objek penelitian siswa kelas IX di MTsN Gresik pada tahun ajaran 2020/2021 dan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Terdapat 80 siswa dari jumlah populasi sebanyak 320 siswa dari 10 rombel sebagai sampel penelitian yang dipilih secara acak menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket berskala likert melalui google.form, wawancara, dan observasi. Perhitungan data dilanjutkan dengan analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits dalam mengelola kelas virtual di MTsN Gresik didapatkan hasil skor sebesar 84% yang berada pada interval nilai 75% -100% dengan kategori sangat tinggi. 2) Minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Gresik berkategori sangat baik dengan perolehan skor prosentase sebesar 79%. 3) Korelasi antara kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits dalam mengelola kelas virtual dengan minat belajar siswa kelas IX di MTsN Gresik menunjukkan nilai rhitung product moment sebesar 0,733 berada pada kategori kuat atau tinggi. Pada taraf signifikansi 1% dan 5% angka rhitung>rtabel sehingga hipotesis kerja yang berbunyi terdapat korelasi positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits dalam mengelola kelas virtual dengan minat belajar siswa kelas IX di MTsN Gresik diterima. Kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits dalam mengelola kelas virtual pada analisis koefisien determinasi memberikan pengaruh sebesar 53,5% terhadap minat belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IX di MTsN Gresik. Persamaan regresi pada kedua variabel didapatkan hasil Y= 24,428 + 0,546

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Lailatullailatulf008@gmail.comD91217104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Guru
Minat Siswa
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Kompetensi Pedagogik; Guru Al-Quran Hadits; Mengelola Kelas Virtual; Minat Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:25
Last Modified: 21 Apr 2021 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47621

Actions (login required)

View Item View Item