Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa pengguna TikTok di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dwi Anita (2021) Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa pengguna TikTok di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Anita Sari_D91217088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah adanya permasalahan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo mengenai salah satu aplikasi yang sangat popular yaitu TikTok. Sebuah platform video yang dilengkapi dengan fitur musik dan efek ini banyak diminati oleh siswa. Siswa bermain TikTok tanpa mengenal tempat dan waktu khususnya di sekolah. Siswa bermain TikTok bergoyang ria tanpa menghiraukan guru yang tengah melintas serta membuka aplikasi TikTok saat proses pembelajaran didalam kelas. Hal ini tentu menjadi kasus yang perlu diperhatikan dimana kurangnya akhlak siswa terhadap guru. Sebab itu, perlu adanya peran dari guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembinaan terhadap siswa agar terbentuknya akhlak yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan realitas penggunaan TikTok siswa SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembinaan akhlak pada siswa pengguna TikTok di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, dan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa pengguna TikTok, Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research). Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui proses data reduction (Reduksi data), data display (Penyajian data) dan verification/conclusion drawing (Verifikasi/penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Realitas penggunaan TikTok tanpa memperhatikan koridor atau batasan menimbulkan efek negatif pada siswa SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, sehingga diperlukan peran guru untuk membina siswa. 2) Pelaksanaan kegiatan pembinaan akhlak siswa pengguna TikTok dibagi menjadi dua yaitu pembinaan didalam kelas melalui kegiatan belajar mengajar internalisasi nilai pembelajaran serta shalat berjama’ah dan diluar kelas berupa kegiatan-kegiatan keagamaan seperti sholat Jumat, kegiatan ekstrakurikuler, bakti sosial, ziarah, Jumat bersih, kerohanian, dan peringatan hari besar islam. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam SMK Sepuluh Nopember dalam pembinaan akhlak pada siswa pengguna TikTok adalah sebagai pendidik dan pengajar, inisiator, pengelola pembelajaran, dan evaluator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dwi Anitadwianitasari9726@gmail.comD91217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFuad, Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Subjects: Guru
Kenakalan Anak dan Remaja
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam; TikTok; Pembinaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Anita Sari
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:20
Last Modified: 21 Apr 2021 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47622

Actions (login required)

View Item View Item