Tantangan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iffa, Fauziatul (2021) Tantangan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauziatul Iffa_D91217050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan guru Akidah Akhlak dalam memberikan pembinaan akhlak siswa di MAN 1 Lamongan. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Tantangan apa yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam memberikan pembinaan akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Lamongan; 2) Bagaimana cara guru Akidah Akhlak dalam menghadapi pembinaan akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tantangan yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam pembinaan akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Lamongan yaitu kurangnya komunikasi antara pendidik dengan peserta didik, peserta didik tidak disiplin waktu dalam mengikuti pembelajaran daring, pendidik tidak bisa memberikan pembinaan akhlak dan tidak bisa memantau perkembangan peserta didik secara langsung. 2) Cara guru Akidah Akhlak dalam menghadapi pembinaan akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Lamongan yaitu menjalin kerjasama antara pendidik dengan orang tua peserta didik, memberikan motivasi kepada peserta didik, dan menjalin kerjasama antara guru akidah akhlak dengan guru lainnya. Cara yang diberikan oleh guru Akidah Akhlak ini sedikit banyaknya telah dapat mengatasi permasalahan mengenai tantangan yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam memberikan pembinaan akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MAN 1 Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iffa, Fauziatulfauziatul.iffa479@gmail.comD91217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, -sutikno@uinsby.ac.id2006086803
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Adab
Etika
Perilaku
Keywords: Guru Akidah Akhlak; Pembinaan Akhlak Siswa; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FAUZIATUL IFFA
Date Deposited: 22 Apr 2021 09:30
Last Modified: 22 Apr 2021 09:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47650

Actions (login required)

View Item View Item