Representasi body shaming pada Film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Umi Nurul (2021) Representasi body shaming pada Film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Nurul Fadilah_B75217146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan banyaknya isu body shaming yang masih sering terjadi di Indonesia. Untuk itu fenomena body shaming menjadikan inspirasi sebagai fokus penelitian pada film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana representasi body shaming dalam film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana representasi tindakan body shaming didalam film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan. Untuk mendeskripsikan representasi body shaming dalam film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan, peneliti menggunakan metode analisis teks media milik John Fiske. Hasil dari penelitian ini pada level realitas korban body shaming digambarkan dengan keadaan tidak menarik (gemuk dan berkulit hitam), sedangkan penampilan dari pelaku body shaming memiliki tubuh ramping. Untuk kode ekspresinya korban body shaming digambarkan dengan terlihat, sedih, murung, marah dan kesal. Pada level representasi ditunjukkan dengan pengambilan gambar pada film tersebut sehingga mengetahui detail pada raut muka dan gerak interaksi karakter dalam film tersebut. Pada level ideologi, body shaming ditunjukkan dengan bentuk verbal dan nonverbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Umi Nurulfadilahumin08@gmail.comB75217146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Body shaming; Film; Analisis Teks Media.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Umi Nurul Fadilah
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:42
Last Modified: 23 Apr 2021 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47663

Actions (login required)

View Item View Item