تكامل محو الأمية القرآن في تعليم اللغة العربية بوسيلة التعليم Google Classroom لطلاب الصف السابع بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qudsiyah, Nadhifatul (2021) تكامل محو الأمية القرآن في تعليم اللغة العربية بوسيلة التعليم Google Classroom لطلاب الصف السابع بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhifatul Qudsiyah_D92217063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mempelajari bahasa Arab adalah mempelajari ilmu untuk sesuatu yang besar karena sumber pengetahuan banyak yang menggunakan bahasa Arab. bahasa Arab tidak hanya dipelajari sebagai bahasa agama dan daerah tetapi juga bahasa pengetahuan. Selain diajarkan dalam usaha melestarikan budaya lokal, bahasa arab juga dipelajari untuk memahami dan menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an, karena Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa arab dan bahasa arab yang pertama kali di dengar anak-anak berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini membahas tentang Integrasi Literasi Al Qur’an dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Media Pembelajaran Google Classroom bagi Siswa Kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya (2) untuk mengetahui Penerapan Integrasi Literasi Al Qur’an dalam Pembelajaran Bahasa Arab melalui Media Pembelajaran Google Classroom bagi siswa kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya (3) untuk mengetahui Kelebihan dan Kelemahan Integrasi Literasi Al Qur’an dalam Pembelajaran Bahasa Arab melalui Media Pembelajaran Google Classroom bagi siswa kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sampel Penelitian adalah siswa kelas VII F MTsN 3 Kota Surabaya yang berjumlah 32 orang. Adapun hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut : kelebihan integrasi literasi Al Qur’an dalam pembelajaran bahasa arab melalui media pembelajaran google classroom lebih banyak dari pada kelemahannya dan ditemukan bahwa 63,8 % siswa lebih senang belajar integrasi literasi Al Qur’an dalam pembelajaran bahasa arab dibandingkan belajar bahasa arab tanpa literasi Al Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qudsiyah, Nadhifatulnadhifatul.qudsiyah.nq7@gmail.comD92217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Integrasi Literasi Al Qur’an; Pembelajaran Bahasa Arab; Media Pembelajaran Google Classroom.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nadhifatul Qudsiyah
Date Deposited: 26 Apr 2021 22:48
Last Modified: 26 Apr 2021 22:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47701

Actions (login required)

View Item View Item