Representasi edukasi pada anak dalam Film Pendek "Anak Lanang"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rivaldyansah, Egy (2021) Representasi edukasi pada anak dalam Film Pendek "Anak Lanang". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Egy Rivaldyansah_B05217022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Representasi Edukasi pada Anak dalam Film Pendek “Anak Lanang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh dewasa ini peranan orang tua dalam sebagai pendidik yang pertama bagi anak-anaknya nampak sudah mulai terabaikan di masyarakat. Unsur edukasi anak yang digambarkan dalam film pendek “Anak Lanang” menjadi fokus penelitian kali ini. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan analisis yang digunakan analisis semiotika model Roland Barthes, dengan pendekatan kritis karena dalam meneliti produk media, harus objektif dalam mengkritisi produk media. Teori yang digunakan menggunakan teori representasi yang menggambarkan fokus penelitian dalam meneliti film pendek “Anak Lanang”. Pada penelitian ini ditemukan data bahwa edukasi anak ditunjukan oleh (1) Perilaku edukasi gaya bicara anak, (2) Perlunya edukasi pada usaha anak, (3) Perilaku edukasi menjaga lingkungan, (4) Perilaku kasih sayang orang tua dalam mendidik anak, (5) Perilaku meniru anak, (6) Perlunya pembagian perhatian yang adil, dan (7) Pola asuh orang tua. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dari sisi lain, misal representasi budaya Jawa dalam film pendek “Anak Lanang”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rivaldyansah, Egyrivaldyansahegy@gmail.comB05217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Anak
Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Representasi; Edukasi Anak; Film Pendek.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Egy Rivaldyansah
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:15
Last Modified: 30 Apr 2021 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47743

Actions (login required)

View Item View Item