Studi analisis pendapat syekh Ali Jum'ah dan syekh Wahbah Zuhaili tentang Jual beli emas secara cicil terhadap praktik jual beli emas di Bukalapak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muwaffaq, Muhammad Nabil (2021) Studi analisis pendapat syekh Ali Jum'ah dan syekh Wahbah Zuhaili tentang Jual beli emas secara cicil terhadap praktik jual beli emas di Bukalapak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nabil Muwaffaq_C25217043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif yaitu menghimpun data dengan cara observasi dan wawancara. Dan analisis deskriptif sendiri adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang diamati, kemudian dilakukan analisis komperhensif dengan pendekatan komparatif serta dengan pola pikir deduktif untuk ditarik sebuah kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah Syekh ‘Ali Jum’ah menyatakan bahwa boleh melakukan jual-beli emas secara cicil karena emas pada zaman sekarang bukanlah sebuah alat tukar untuk menebus sebuah barang, melainkan emas sekarang telah menjadi sebuah barang itu sendiri (sil’ah(. Sebagaimana barang lainnya yang diperjual-belikan baik dengan cara tunai maupun dengan cara tangguh. Syekh Wahbah Zuhaili berpendapat lain bahwa jual-beli emas secara cicil batal apabila tidak dibarengi dengan serah terima barang pada tempat terjadinya akad. Karena emas termasuk komoditi ribawi yang mewajibkan adanya serah terima barang pada tempat terjadinya akad. Pada akhir penulisan ini, penulis menyarankan agar bukalapak memberikan fitur COD (cash on delivery) atau pembayaran di tempat, agar pada saat penyerahan uang, diserahkan juga emas yang dibeli oleh pembeli. Kemudian juga untuk pengguna bukalapak, diharapkan memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan, serta mekanisme jual-belinya sebelum melakukan transaksi agar tidak terjadi penipuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muwaffaq, Muhammad NabilNabilmuwaffaq05@gmail.comC25217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Moch. Zainulzainularifin231@gmail.com2017047102
Subjects: Fikih > Fikih Perbandingan
Fikih
Keywords: Jual beli emas secara cicil; Syekh ali jumah; Syekh wahbah zuhaili; Jual beli Emas; Jual beli.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Muhammad Nabil Muwaffaq
Date Deposited: 26 May 2021 08:59
Last Modified: 26 May 2021 08:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47841

Actions (login required)

View Item View Item