Analisis rational dan emotional motive pengambilan keputusan investasi di pasar modal syariah: studi pengaruh kinerja perusahaan terhadap return saham sektor consumer goods yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (issi) periode 2014-2018 dan penguatan behavioral finance

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisia, Waisa Nur (2020) Analisis rational dan emotional motive pengambilan keputusan investasi di pasar modal syariah: studi pengaruh kinerja perusahaan terhadap return saham sektor consumer goods yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (issi) periode 2014-2018 dan penguatan behavioral finance. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Waisa Nur Anisia_G94216139.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memengaruhi investor saham dalam pengambilan keputusan investasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kombinasi dengan menggunakan model berurutan “Sequential Explanatory Design”. Data penelitian kuantitatif menggunakan sajian data sekunder laporan keuangan perusahaan. Sampel pada penelitian ini adalah 32 perusahaan sektor consumer goods yang masuk dalam ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) periode 2014-2018. Analisis data kuantitatif dengan uji statistik deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi berganda, dan Uji hipotesis dengan t-test dan F-test dengan bantuan software SPSS Statistics V 24. Sedangkan sumber data kualitatif diambil dari data primer dengan wawancara investor individu yang memiliki pengalaman dan pemahaman di Pasar Modal Syariah dan wawancara dilakukan dengan Trainer KP BEI Jawa Timur. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh kinerja perusahaan dengan indikator ROA, ROE, DER, NPM, dan FAT secara parsial dan simultan terhadap return saham sektor consumer goods yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018. Dengan pendekatan kualitatif diketahui perilaku keuangan (behavioral finance) dalam memengaruhi pengambilan keputusan dengan adanya motif rasional dan didominasi motif emosional. Adapun faktor psikologi investor dalam pengambilan keputusan investasi saham syariah sektor consumer goods diantaranya data maining, bias representativeness, anchoring, get eventes, self control bias, familiarity, status quo, bias disposisi, social interaction, framing, over confidence, loss aversion, illusion of control. Sehingga, kecerdasan emosional dengan sikap tenang tanpa adanya penyesalan sangat dibutuhkan guna memperoleh hasil keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan investasi investor. Dari hasil penelitian ini diharapkan investor memiliki dan memperdalam pengetahuan tentang investasi baik fundamental maupun teknikal yang harus lebih dipahami dan mampu menselaraskan antar keduanya. Adanya psikologis investasi yang memengaruhi dalam pengambilan keputusan perlu diperhatikan. Sehingga penggambilan keputusan menjadi tepat dengan tujuan investasi. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan atau menambah variabel rasio keuangan lainnya sebagai indikator untuk mengetahui return saham.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisia, Waisa Nurwaisanurisiaa1@gmail.comG94216139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmah--197507032007012020
Subjects: Bursa Saham
Ekonomi Islam
Investasi
Keywords: Return Saham; Motif Rasional; Motif Emosional; Behavioral Finance; Pengambilan Keputusan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Waisa Nur Anisia
Date Deposited: 10 Jun 2021 15:03
Last Modified: 10 Jun 2021 15:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47986

Actions (login required)

View Item View Item