تطبيق نموذج التعلم بالاكتشاف(Discovery Learning) في تعليم اللغة العربية باستخدام وسيلة بطاقة لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف التاسع مدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhidayati, Ririn (2020) تطبيق نموذج التعلم بالاكتشاف(Discovery Learning) في تعليم اللغة العربية باستخدام وسيلة بطاقة لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف التاسع مدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ririn Nurhidayati_ D92216081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang dihadapi guru mata pelajaran Bahasa Arab di MTsN Gresik sebelum beliau menerapkan model pembelajaran Discovery , siswa merasa kesulitan memahami Bahasa Arab. Karena tidak ada tantangan bagi siswa dan pembelajaran yang kurang menarik, banyak diantaranya yang menunjukkan hal itu dengan tidak memperhatikan penjelasan guru, gaduh dikelas dan tidur-tiduran.Terutama pada ketrampilan membaca Bahasa Arab. Jika siswa tidak dibiasakan membaca maka ia akan kesusahan dalam memahami bacaan terutama pada soal-soal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media kartu dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada pelajaran Bahasa Arab dengan media kartu untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas IX di MTsN Gresik. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Gresik. Subjek penelitian adalah Guru Bahasa Arab kelas IX MTsN Gresik, sedangkan informannya adalah Guru, dan Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut diatas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkans secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber, pengumpulan data, dan teori. Data yang terkumpul kemudian di analisa dengan mencakup empat kegiatan yang bersamaan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning Langkah-langkah penerapan model Discovery Learning pada pelajaran Bahasa Arab di MTsN Gresik yang tertulis pada RPP dan ketika pembelajaran di kelas selaras dengan 7 langkah – langkah teori pengaplikasian model Discovery Learning dalam buku. Faktor pendukung berupa sarana prasarana sekolah yang memadai sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran, kemampuan guru dalam menggabungkan sebuah model dengan media yang cocok, upaya guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa dan faktor penghambatnya yakni beberapa siswa yang belum bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan memerlukan alokasi waktu yang relatif banyak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhidayati, Ririnririnnurhidayati97@gmail.comD92216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Keywords: Bahasa Arab; Model pembelajaran; Discovery Learning; Media kartu; Pembelajaran bahasa arab.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ririn Nurhidayati
Date Deposited: 21 Jun 2021 09:48
Last Modified: 21 Jun 2021 09:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48050

Actions (login required)

View Item View Item