Efektivitas media whatsapp terhadap hasil belajar tentang globalisasi dan cinta tanah air pada kelas VI-C MIN 1 Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hendrawan, Wahyu (2021) Efektivitas media whatsapp terhadap hasil belajar tentang globalisasi dan cinta tanah air pada kelas VI-C MIN 1 Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Hendrawan_D07217033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurang mampunya tenaga pendidik dan pendidik dalam menggunakan fasilitas e-learning pada pembelajaran daring. Akibatnya proses pembelajaran kurang efektif dan berdampak pada hasil belajar yang rendah terutama mata pelajaran tematik. Aplikasi media whatsapp dirasa dapat memberikan kemudahan akses bagi guru maupun siswa sebagai media belajar daring. Dalam hal ini peneliti ingin mengukur efektivitas media whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema 4 subtema 3 tentang globalisasi dan cinta tanah air. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi melalui media Whatsapp pada kelas VI – C MIN 1 Kota Pasuruan. (2) Bagaimana efektivitas media Whatsapp terhadap hasil belajar tema 4 subtema 3 tentang globalisasi dan cinta tanah air pada kelas VI - C MIN 1 Kota Pasuruan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini yaitu kelas VI – C MIN 1 Kota Pasuruan dan sampel penelitian ini seluruh siswa kelas VI – C MIN 1 Kota Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan Uji n-gain. Paired sample t-test untuk mengetahui efektif atau tidak penggunaan media whatsapp terhadap hasil belajar tentang globalisasi dan cinta tanah air. Uji n-gain digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas media whatsapp terhadap hasil belajar tentang globalisasi dan cinta tanah air. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan Media whatsapp pada tema 4 subtema 3 tentang globalisasi dan cinta tanah air yang memanfaatkan fitur – fitur yang tersedia dalam media whatsapp yaitu video dan gambar serta kemudahan akses yang dilakukan oleh para siswa yang membuat aktivitas siswa mencapai 92,31% yang temasuk kategori sangat baik serta hasil belajar tema 4 subtema 3 setelah menggunakan media whatsapp sebagai media pembelajaran yaitu 81,48% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). (2) Penggunaan media whatsapp dinyatakan efektif terhadap hasil belajar tentang globaliasi dan cinta tanah air. Hal tersebut diketahui melalui uji hipotesis menggunakan paired sample t-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Tingkat keefektifan penggunaan media whatsapp terhadap hasil belajar tentang globlisasi dan cinta tanah air termasuk kedalam tingkat sedang. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil rata - rata N-gain yaitu 0,64 yang termasuk kedalam kriteria cukup efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hendrawan, Wahyuhendrawanwahyu77@gmail.comD07217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektifitas; Whatsapp; Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyu Hendrawan
Date Deposited: 28 Jun 2021 05:10
Last Modified: 28 Jun 2021 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48164

Actions (login required)

View Item View Item