فعالية طريقة Quantum Teaching باستخدام وسيلة التعليم Video Content Animation (VCA) لترقية مهارة الاستماع والكلام للصف الثامن من مدرسة منبع الحسان الإعدادية الإسلامية سيدايو كرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Aqilah Putri (2021) فعالية طريقة Quantum Teaching باستخدام وسيلة التعليم Video Content Animation (VCA) لترقية مهارة الاستماع والكلام للصف الثامن من مدرسة منبع الحسان الإعدادية الإسلامية سيدايو كرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqilah Putri Febrianti_D92217045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa arab merupakan salah satu pelajaran bahasa asing yang dipelajari di sekolah MTS Mamba’ul Hisan, pada pembelajaran ini khususnya keterampilan menyimak dan berbicara guru masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik merasa kesulitan untuk memahami dan menguasai dua keterampilan tersebut, adapun sebab yang membuat peserta didik kesulitan yaitu( 1) Belum diterapkannya komunikasi berbahasa arab di kelas VIII MTS Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik. (2) Belum tersedianya media yang menarik untuk mendukung pembelajaran peserta didik dan (3) Pembelajaran bahasa arab cenderung satu arah yakni guru cenderung menguasai pembelajaran. Akibatnya (1) Peserta didik kurang lancar dalam mendengar & berbicara bahasa arab (2) Peserta didik merasa bosan serta malas dalam pembelajaran. (3) Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pendekatan Quantum Teaching berbantuan dengan Media Pembelajaran VCA (Video Content Animation) untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara pada siswa kelas VIII di MTS Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kemampuan keterampilan istima’ wal kalam siswa di MTS Mamba’ul Hisan Kelas VII Sidayu Gresik ? (2) Bagaimana penerapan pendekatan quantum teaching berbantuan dengan media VCA (Video Content Animation) pada pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII di MTS Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik ? (3) Bagaimana efektifitas pendekatan quantum teaching berbantuan dengan media media VCA (Video Content Animation) untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara di kelas VII MTS Mamba’u Hisalan Sidayu Gresik ? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan mengumpulkan data menggunakan obsrvasi, wawancara, dokumentasi dan test (Pre-test dan post-test). Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya efektifitas peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII MTS Mamba’ul Hisan setelah penerapan pendekatan quantum teaching berbantuan dengan media media VCA (Video Content Animation), kesimpulan ini diketahui setelah peneliti melakukan analisis data menggunakan rumus t-test bahwa t0 lebih besar dari tt dengan hasil keterampilan menyimak t- hitung = 7, 441 dan keterampilan berbicara t- hitung= 21 dan ini menujukan bahwa hasil (Ho) di tolak dan (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Aqilah Putriaqilahputrifebrianti5@gmail.comD92217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda@uinsby.ac.id2007017001
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Metode Quantum Teaching; Media Pembelajaran VCA (Video Content Animation); Keterampilan Menyimak dan Berbicara.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aqilah Putri Febrianti
Date Deposited: 03 Jul 2021 05:16
Last Modified: 03 Jul 2021 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48217

Actions (login required)

View Item View Item