تغييرات الوزن العروضي والقافية في شعر"لايصرفنك عن قصف وإصباء" لأبي نواس (دراسة تحليلية أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvinur, Aisyah Indah (2021) تغييرات الوزن العروضي والقافية في شعر"لايصرفنك عن قصف وإصباء" لأبي نواس (دراسة تحليلية أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Indah Alvinur_A91217051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abu Nuwas dianggap sebagai salah satu penyair terbesar pada masa Abbasi. Salah satunya syairnya adalah “Lā Yashrifannaka ‘an Qasfin Wa Ishbā’”. Syair ini memiliki wazan atau ritme, qafiyah serta didominasi oleh unsur imajinasi. Di antara ilmu yang bisa digunakan untuk menganalisis karya sastra berupa syair tersebut yaitu yaitu ilmu Arudl dan Qawafi. Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1) Wazan apa yang digunakan dalam syair “Lā Yashrifannaka ‘an Qasfin Wa Ishbā’” Karya Abi Nuwas, 2. Bagaimana perubahan wazan ‘arudl dalam “Laa Yashrifannaka An Qasfin Wa Ishbai” Karya Abi Nuwas, 3. Apa unsur-unsur qafiyah yang terkandung dalam syair “Lā Yashrifannaka ‘an Qasfin Wa Ishbā’” Karya Abi Nuwas. Pendekatan yang di pakai skripsi ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitiannya menggunakan analisis sastra. Adapun hasil penelitiannya adalaha sebagai berikut : (1) Wazan arudh dalam syair “Lā Yashrifannaka ‘an Qasfin Wa Ishbā’” adalah bahr basith مُسْتَفْعِلُن فَاعِلُنْ *** مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ , (2) Pada syair ini terdapat perubahan wazan ‘arudl yaitu Zihaf Mufrod berupa Khaban dan ‘Illat Naqash berupa Qatha, (3) Qafiyah yang digunakan dalam syair yaitu : (a) Qafiyah yang terdiri sebagian kata (b) Huruf qafiyah diantaranya ada Al-Rawi, Al-Washal, Ar-Ridif (c) Harakat qafiyah adalah Al-Majra dan Al-Hadzwu (d) Anwa’ul qafiyah dalam syair ini adalah Muthlaqah Mardufah (e) Nama qafiyah pada syair ini adalah Mutawatir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvinur, Aisyah Indahaisyahalvinur3@gmail.comA91217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Agama > Biografi Tokoh
Keywords: Penyair; Syair; Wazan; Perubahan Wazan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alvinur Aisyah Indah
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:25
Last Modified: 12 Jul 2021 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48314

Actions (login required)

View Item View Item