فعالية تطبيق طريقة المطالعة والسؤال والقراءة والخطابة وإعادة النظر (SQ3R) بوسيلة اللعبة التعليمية صانع الكلمات المتقاطعة “Crossword Puzzle Maker”عبر الانترنت لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف العاشر بمدرسة السّعادة الثانوية الإسلامية بونجاه غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafilah, Ziyan Afriliyanti (2021) فعالية تطبيق طريقة المطالعة والسؤال والقراءة والخطابة وإعادة النظر (SQ3R) بوسيلة اللعبة التعليمية صانع الكلمات المتقاطعة “Crossword Puzzle Maker”عبر الانترنت لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف العاشر بمدرسة السّعادة الثانوية الإسلامية بونجاه غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ziyan Afriliyanti Nafilah_D92217083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam sebuah pembelajaran perlu adanya penguasaan metodologi mengajar agar tujuan dari pembelajaran yang sudah direncanakan berjalan dengan efektif dan efesien. Umumnya guru bahasa Arab kurang menyuruh siswa untuk aktif dalam penguasaan 4 maharoh khususnya pada keterampilan membaca. Maka metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) sangat tepat digunakan dalam mengetahui tingkat pemahaman siswa, serta dipadukan dengan media game edukasi online yaitu Crossword Puzzle Makker membuat siswa lebih aktif dalam keterampilan menulisnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas 10-MIPA MA Ma’arif NU Assa’adah Gresik yang terdiri dari 32 siswa. Untuk mendapat data yang diperlukan, peneliti menggunakan beberapa instrumen penelitian yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumntasi dan tes. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab yang sudah diterapkan melalui metode SQ3R dengan menggunakan media game edukasi online Crossword Puzzle Makker pada siswa kelas 10-MIPA MA Ma’arif NU Assa’adah Gresik itu efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca karena adanya perubahan, sebelum diterapkannya metode serta media rata-rata nilai siswa 64,8 dan setelah diterapkannya metode serta medianya menjadi 83,6.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafilah, Ziyan Afriliyantiziyanfilah1999@gmail.comD92217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Qira'ah
Keywords: Metode SQ3R; Media Game Crossword Puzzle Maker; Keterampilan Membaca.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ziyan Afriliyanti Nafilah
Date Deposited: 12 Jul 2021 15:20
Last Modified: 12 Jul 2021 15:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48327

Actions (login required)

View Item View Item