Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandary, Innanda Oqta Putri (2021) Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Innanda Oqta Putri Wulandary_D93217098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Krian Sidoarjo, mendeskripsikan kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo, mendeskripsikan implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo serta medeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode dengan mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian utama dilakukan di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Informan penelitian ini yaitu ada Kepala Seksi SMA dan PKPLK cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Surabaya dan Sidoarjo, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, tim pengembang SKS, siswa pembelajar cepat dan siswa pembelajar normal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Krian Sidoarjo (2) kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo (3) implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo (4) faktor pendukung dan penghambat Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Dari skripsi ini dapat ditemukan temuan penelitian berupa : implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) SMAN 1 Krian Sidoarjo sudah berjalan dengan baik, meski ada beberapa prinsip penyelenggaraan SKS yang belum dipenuhi, kompetensi lulusan di SMAN 1 Krian Sidoarjo semakin meningkat tiap tahunnya, dengan pengimplementasian Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Krian Sidoarjo, membuat siswa belajar sesuai dengan kecepatan belajarnya sehingga mampu meningkatkan semangat belajar siswa dan bisa meningkatkan kompetensi lulusannya yang terdiri dari nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandary, Innanda Oqta Putriinnandaoqta18@gmail.comD93217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Sistem Kredit Semester (SKS); beban belajar; kompetensi lulusan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Innanda Oqta Putri Wulandary
Date Deposited: 13 Jul 2021 23:40
Last Modified: 13 Jul 2021 23:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48366

Actions (login required)

View Item View Item