العناصر الداخلية في رواية حي بن يقظان لابن طفيل

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubad, Muhammad Farihal (2021) العناصر الداخلية في رواية حي بن يقظان لابن طفيل. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Farihal Ubad_A01217031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Unsur-unsur intrinsik dalam drama “Hayy Bin Yaqdzan” karya Ibnu Tufail menarik untuk dilakukan penelitian karena unsur intrinsik tersebut dibangun dari novel delapan babak yang menceritkan seorang anak ditinggalkan sendirian disuatu pulau., unsur-unsur intrinsik dalam novel ini terdiri dari tema, penokohan, pembabakan, setting, sudut pandang dan gaya bahasa. Di samping itu, teks novel “Hayy Bin Yaqdzan” menceritakan tentang seorang anak ditinggalkan sendirian disuatu pulau Masalahnya adalah apa unsur-unsur intrinsik yang terkandumg dalam novel “Hayy Bin Yaqdzan” karya Ibnu Tufail? Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan teori unsur intrinsik yang meliputi tema, penokohan, pembabakan, setting, sudut pandang dan gaya bahasa. Metode yang dilakukan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini terdapat 20 data yang terdiri dari 1 tema; 4  tokoh; 1 alur; 6 tempat, 1 sudut pandang dan 2 waktu; serta  5gaya bahasa. Hasil analisis terhadap unsur-unsur intrinsik dalam novel “Hay bin Yaqdzan” yaitu: 1) tema: seorang anak yang hidup sendiri di suatu pulau; 2) tokoh dan penokohan:hayy, induk rusa, isal, salman; 3) setting:pulau wak-wak, tepi pantai, gua, perahu, pulau ma`muroh; 4) pembabakan: delapan babak; 1) sudut pandang 5) gaya bahasa: kalam insya’I thalabi, kalam khabari, iqtibas, thibaq, muoqbalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubad, Muhammad Farihalfarihalubad11@gmail.comA01217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Ahmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Adab
Keywords: Unsur intrinsik; Nove.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: muhammad farihal ubad
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:46
Last Modified: 14 Jul 2021 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48378

Actions (login required)

View Item View Item