Analisis hukum Islam terhadap putusan Pengadilan Agama Lamongan Nomor: 0608/Pdt.G/2018/Pa.Lmg tentang perbuatan melawan hukum dalam Akad Murabahah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnani, Rahmi Eka (2021) Analisis hukum Islam terhadap putusan Pengadilan Agama Lamongan Nomor: 0608/Pdt.G/2018/Pa.Lmg tentang perbuatan melawan hukum dalam Akad Murabahah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmi Eka Ratnani_C02217045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan dalam menyusun skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Skripsi dengan judul Analisis Hukum Islam terhadap Putusan Pengadilan Lamongan Nomor: 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg tentang Perbuatan Melawan Hukum dalam Akad Murābaḥah menjawab pertanyaan yang tertuang pada rumusan masalah, meliputi: bagaimana pertimbangan hukum hakim terhadap putusan nomor: 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg tentang perbuatan melawan hukum dalam akad murābaḥah di Pengadilan Agama Lamongan dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pertimbangan hukum hakim dalam putusan nomor: 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg tentang perbuatan melawan hukum dalam akad murābaḥah di Pengadilan Agama Lamongan. Metode penelitian yang Penulis gunakan berupa penelitian lapangan dengan menggabungkan penelitian hukum normatif dan yuridis. Data primer yang Penulis gunakan adalah putusan hakim nomor: 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg dan hasil wawancara dengan Majelis Hakim yang menangani perkara nomor: 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg tentang perbuatan melawan hukum dalam akad murābaḥah. Sedangkan data sekunder yang Penulis gunakan berupa putusan nomor: 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg, peraturan yang berlaku di Indonesia, dan buku hukum ekonomi syariah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan beberapa informasi pengetahuan, fakta dan data. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analitis, serta menggunakan pola pikir induktif Hasil penelitian menyimpulkan, pertimbangan hukum hakim dalam perkara 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg hakim mengabulkan gugatan perbuatan melawan hukum sebagian yakni pertama, tindakan melelang barang jaminan tidak bertentangan dengan aturan bank syariah; kedua, Tergugat III berprofesi sebagai advokat sehingga melanggar pasal 77 ayat 1 huruf (i) PMK. RI No. 27/PMK.06/2016; ketiga, harga limit terlampau jauh dari harga pasaran. Pertimbangan hukum hakim sudah sesuai dengan hukum Islam. Dalam perkara ini Majelis Hakim memutus berdasarkan Undang-Undang serta Peraturan mengenai perbankan syariah dan pelaksanaan lelang yang berlaku sebagai rujukan pertama, namun masih ada pasal dari KHES serta Fatwa DSN MUI yang belum digunakan untuk memperkuat putusan perkara nomor: 0608/Pdt.G/2018/PA.Lmg. Dapat dipahami dalam perkara ini apabila ada perjanjian yang mengikat namun ada peraturan yang mengatur maka mengenai penyelesaian sengketa yang timbul diselesaikan sesuai dengan peraturan yang telah berlaku. Adapun saran bagi nasabah yang mengajukan pembiayaan kepada bank syariah dalam menjaminkan objek jaminan sebaiknya menjaminkan yang harganya sebanding dengan pembiayaan yang akan diterima sehingga di kemudian hari tidak timbul kerugian yang amat besar. Sedangkan bagi Majelis Hakim, supaya hasil putusan lebih kuat alangkah lebih baik jika menggunakan KHES serta Fatwa DSN MUI sebagai pedoman untuk memutus perkara sengketa ekonomi syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnani, Rahmi Ekarahmika2@gmail.comC02217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyati, Dimyatiadhim.ptrg@gmail.com2026087702
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Pembiayaan; Murabahah; Bank.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmi Eka Rahmi Eka
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:58
Last Modified: 16 Jul 2021 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48410

Actions (login required)

View Item View Item