ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PERSPEKTIF GENDER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Nur Isna (2016) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PERSPEKTIF GENDER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap individu memiliki kecakapan yang berbeda-beda untuk menyelesaikan permasalahan matematis. Seorang individu dikatakan memiliki kecakapan dalam menyelesaikan permasalahan matematis adalah ketika Ia mampu untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, mampu melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan suatu kejadian. Individu dengan kecakapan tersebut dapat dikatagorikan sebagai individu yang ‘melek’ terhadap situasi matematis atau individu yang memiliki kemampuan literasi matematis. Aspek gender dinilai memiliki peranan dalam perbedaan kecakapan seseorang. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan adanya pengaruh gender terhadap kecakapan matematis seseorang yakni perempuan menunjukkan sikap yang labil daripada laki-laki yang pada umumnya stabil. Lebih dari itu pada kejuaraan-kejuaraan internasional menunjukkan bahwa performa laki-laki cenderung lebih unggul daripada perempuan. Dari pemaparan di atas penulis ingin meneliti: 1) bagaimana kemampuan literasi matematis pada siswa laki-laki?; 2) bagaimana kemampuan literasi matematis pada siswa perempuan? dan 3) apakah ada perbedaan antara kemampuan literasi matematis siswa laki-laki dan perempuan?.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di MTs Unggulan Al-Jadid pada tahun ajaran 2015-2016, yakni mengambil 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan secara acak. Pada pelaksanaanya, pengambilan data didapat dari hasil tes kemampuan literasi matematis siswa dan wawancara.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh bahwa: 1) kemampuan literasi matematis siswa laki-laki menunjukkan kriteria rata-rata baik yakni pada persentase rata-rata 84%; 2) kemampuan literasi matematis siswa menunjukkan kriteria rata-rata baik yakni pada persentase rata-rata 78,5%; 3) melalui uji Mann Whitney U-tes didapatkan bahwa Uhitung = 0,5 > Utabel=0, sehingga H1 debenarkan. Dengan kata lain kemampuan literasi matematis siswa laki-laki berbeda dengan kemampuan literasi matematis siswa perempuan.

Kata Kunci: kemampuan siswa, literasi matematis, gender.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Nur IsnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Isna Nur Safitri
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:28
Last Modified: 11 Apr 2016 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4842

Actions (login required)

View Item View Item