Nilai–nilai pendidikan karakter dalam novel merdeka sejak hati karya Ahmad Fuadi dan relevansinya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di MI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

zamzami, Muhammad Rifqi (2021) Nilai–nilai pendidikan karakter dalam novel merdeka sejak hati karya Ahmad Fuadi dan relevansinya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di MI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rifqi Zamzami_D97217104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah melihat nilai-nilai karakter yang dimiliki anak semakin menurun. Dimana kita melihat banyak sekali berbagai kasus yang dilakukan oleh anak seperti berani kepada guru, mencuri banyak sekali terjadi. Dalam hal ini perlunya penanaman pendidikan karakter sejak dini sangatlah penting salah satunya dengan bentuk membaca. novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi berisi kisah inspiratif dan motivasi bagi anak serta nilai-nilai karakter yang di dalamnya. Oleh karena itu, upaya peneliti dengan menganalisi nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa sajakah Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi?, 2) Bagaimana Relevansi nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi dengan materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 6 Tema 7 tentang penerapan nilai-nilai pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Research dengan menggunakan teknik analisi isi. Langkah peneliti dalam pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yang mengacu dengan indikator-indikator nilai karakter. Keabsahan data yang digunakan dengan kredibilitas yang menyangkut mengenai ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Nilai-nilai karakter dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi terdapat lima nilai karakter utama yaitu, religius 12 data, nasionalis 13 data, mandiri 9 data, gotong royong 10 data dan integritas 11 data. 2) Relevansi dari lima nilai karakter utama yang ditemukan dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 6 Tema 7 tentang penanaman nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari diantaranya pada sila pertama relevan dengan sub nilai karakter beriman dan bertaqwa, sila kedua relevan dengan sub nilai karakter melindungi yang tersisih, ketulusan, dan empati, sila ketiga relevan dengan sub nilai karakter sikap kerelawanan, kerja sama,dan cinta tanah air, sila keempat relevan dengan sub nilai karakter keberanian dan cinta tanah air, dan sila kelima ini relevan dengan sub nilai karakter keadilan. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Pendidikan Kewarganegaraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
zamzami, Muhammad Rifqirifqizami1@gmail.comD97217104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabuddin, Sihabuddinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai Pendidikan Karakter; Novel; Pendidikan Kewarganegaraan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Rifqi Zamzami
Date Deposited: 15 Jul 2021 22:55
Last Modified: 15 Jul 2021 22:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48464

Actions (login required)

View Item View Item