Peran Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah dalam perintisan Madrasah Lil Banat di Padang Panjang Minangkabau tahun 1916-1969 m

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashichah, Durotun (2021) Peran Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah dalam perintisan Madrasah Lil Banat di Padang Panjang Minangkabau tahun 1916-1969 m. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durotun Nashichah_A92217105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan library research yang bersifat kualitatif. Adapun metode yang digunakan yakni metode historis dengan menerapkan empat tahapan yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan sosiologi. Pendekatan sejarah digunakan untuk mengungkap biografi dari Syaikhah Rahmah sedangkan pendekatan sosiologi digunakan untuk mengetahui kehidupan sosial dari Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori peran dan teori pendidikan. Kedua teori tersebut guna mengetahui peran yang dilakukan Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah merupakan tokoh ulama perempuan yang mempunyai banyak peran dan perjuangan bagi Indonesia khususnya di bidang pendidikan untuk perempuan, (2) Madrasah Lil Banat ialah madrasah yang dikhususkan untuk perempuan yang didirikan oleh Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah yang terus menerus mengalami perkembangan hingga saat ini, (3) Peran yang dimiliki Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah dalam merintis madrasah sangat berpengaruh penting dalam proses pembangunan hingga perkembangan madrasah. Kata Kunci: Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah, Madrasah Lil Banat, peran tokoh ulama perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashichah, Durotundurrotunna16@gmail.comA92217105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochimah, Rochimahrochimahzaenal@gmail.com2004116902
Subjects: Biografi
Sejarah
Keywords: Syaikhah Rahmah El-Yunusiyyah; Madrasah Lil Banat; peran tokoh ulama perempuan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: DUROTUN NASHICHAH
Date Deposited: 16 Jul 2021 05:32
Last Modified: 16 Jul 2021 05:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48485

Actions (login required)

View Item View Item