السجع في مقامة "الصنعانية" لدى حريري (الدراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmiyah, Umi Jazilatul (2021) السجع في مقامة "الصنعانية" لدى حريري (الدراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Jazilatul Hikmiyah_A01217044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masa kejayaan islam telah membawa perkembangan pada berbagai bidang, salah satunya adalah bidang sastra yang memunculkan maqamat sebagai karya baru yang berbentuk prosa. Maqamat pertama kali muncul pada dinasti Abbasiyah yang diprakarsai oleh Badi’ Al- Zaman, kemudian bermunculan penulis maqamat lainnya seperti Hariri. Keindahan kata (Muhassinat al- Lafdziyyah) masuk dalam lingkup ilmu badi’ dalam ilmu balaghah. Dalam Muhassinat al- Lafdziyyah terdapat Jinas, Saja’, Iqtibas. Penulisan maqamat ditekankan pada keindahan lafadz. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk lafadz yang mengandung sajak dan bagaimana macam-macam sajak dalam maqamat Hariri. “Maqamat al- Shan’aniyah” karya Hariri sebagai objek penelitian, dan maqamat ini bertemakan kritik sosial. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kualitatif merupakan metode yang lebih menekankan pada kualitas dan pemahaman pada suatu masalah (bukan mengacu pada angka-angka). Sedangkan deskriptif sendiri adalah penguraian hasil penelitian berupa deskripsi yang ditulis secara sistematis dan sesuai dengan fakta. Untuk mengumpulkan data, peneliti membaca dan menemukan data-data yang terdapat saja’. Kemudian data-data tersebut dianalisis. Setelah melakukan penelitian, dapat diperoleh bahwa dalam maqamat “al- Shan’aniyah” karya al-Hariri terdapat lafadz-lafadz yang mengandung saja’ sebanyak 67 data. Terdiri dari 34 saja’ mutharraf, 32 saja’ mutawazi, dan 1 saja’ murassa’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmiyah, Umi Jazilatuljazilahikmiyah15@gmail.comA01217044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Subjects: Bahasa Arab
Masyarakat Islam
Sastra
Keywords: Sajak; Maqamat; al -hariri.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Umi jazilatul Hikmiyah
Date Deposited: 16 Jul 2021 11:10
Last Modified: 16 Jul 2021 11:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48494

Actions (login required)

View Item View Item