PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI. AL – HIKMAH TAMBAKSARI SURABAYA.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainab, Siti (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI. AL – HIKMAH TAMBAKSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Di dalam pendidikan formal ada banyak mata pelajaran dan materi yang dipelajari diantaranya matematika. Matematika adalah salah satu pengetahuan tertua dan dianggap sebagai induk atau alat dan bahasa dasar banyak ilmu. Matematika terbentuk dari penelitian bilangan dan ruang yang merupakan suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan tidak merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam. Ketika mempelajari matematika dasar, kita tentu kerap dipertemukan dengan beragam masalah. nah cara memecahkan permasalahan dalam matematika itu sebenarnya bisa dilatih. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan menemukan masalah baru dalam matematika dasar dan berusaha untuk memecahkan masalah tersebut. Berbagai media belajar digunakan untuk membantu peserta didik memahami konsep-konsep matematika termasuk juga pada materi volume bangun ruang.
Herman Hudojo berpendapat bahwa model pembelajaran discovery learning merupakan suatu cara penyampaian topik-topik matematika, sedemikian hingga proses belajar memungkinkan peserta didik menemukan sendiri pola-pola atau struktur-struktur matematika melalui serentetan pengalaman-pengalaman belajar lampau .
Mengingat pentingnya keterampilan khususnya keterampilan menghitung volume kubus dan balok dalam pembelajaran matematika sebagai bekal kepada peserta didik agar setelah menyelesaikan pendidikan mereka dapat menjalani kehidupannya dengan berhasil, maka dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data tentang keterampilan menghitung volume kubus dan balok di kelas VI MI. Al-Hikmah Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa keterampilan menghitung volume kubus dan balok peserta didik kelas VI MI. Alhikmah dinilai kurang, yaitu 50% untuk keterampilan mengidentifikasi bangun ruang kubus dan balok, 35% untuk keterampilan menentukan rumus volume kubus dan balok, dan 35% untuk keterampilan menghitung volume kubus dan balok menggunakan rumus.
Setelah peneliti analisa kondisi tersebut dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan guru, Dengan demikian pembelajaran menghitung volume kubus dan balok perlu mendapat perhatian khusus dari guru. Perhatian ini bukan hanya dalam hal cara menyajikan materinya, tetapi perlu dipelajari lebih dini tentang kesalahan yang umumnya dilakukan peserta didik, faktor yang menyebabkannya dan terutama alternatif cara mengatasinya.
Dengan memperhatikan adanya kesenjangan antara harapan-harapan dengan kenyataan yang ada, peneliti tertarik untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas VI MI. Al-Hikmah Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Mengingat adanya keterbatasan waktu, maka penelitian pembelajaran matematika yang peneliti pilih yaitu materi menghitung volume kubus dan balok.
Peneliti berfikir bahwa untuk meningkatkan keterampilan menghitung volume kubus dan balok dapat menggunakan model pembelajaran discovery learning, dimana peserta didik menemukan sendiri konsep-konsep yang ada pada materi mengitung volume kubus dan balok tersebut. Karena itu dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti akan menggunakan model pembelajaran discovery learning sebagai upaya meningkatkan keterampilan menghitung volume kubus dan balok pada peserta didik kelas VI MI. Al-Hikmah, maka tepatlah kiranya apabila peneliti merumuskan judul penelitian Peningkatan Keterampilan Menghitung Volume Kubus dan Balok melalui Model Pembelajaran Discovery learning pada Peserta Didik kelas VI MI. Al – Hikmah Tambaksari Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ilun Muallifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainab, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Discovery Learning; Menghitung Volume Kubus dan Balok; Keterampilan Menghitung Volume Kubus dan Balok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 07:36
Last Modified: 09 Feb 2015 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item