Implementasi supervisi manajerial dalam pengembangan mutu madrasah: studi kasus di MAN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'udah, Siti Intihaul (2021) Implementasi supervisi manajerial dalam pengembangan mutu madrasah: studi kasus di MAN Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Intihaul Mas'udah_D93214065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab fokus penelitian mengenai pelaksanaan Supervisi Manajerial di MAN Surabaya, Pengembangan Mutu Madrasah di MAN Surabaya, Serta Implementasi Supervisi Manajerial dalam Pengembangan Mutu Madrasah di MAN Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kulaitatif. Informan pada penelitian ini diantaranya yaitu Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Wakamad Humas, Kepala TU, Guru. Objek dalam penelitian ini yaitu Implementasi Supervisi Manajerial Dalam Pengembangan Mutu Madrasah. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data dilakukan dalam 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu: Implementasi Supervisi Manajerial di MAN Surabaya sudah diterapkan. Hal ini dibuktikan dengan upaya madrasah dalam melakukan berbagai program administratif yang disusun bersama dalam rapat, misalnya prota, promes, rencana kepengawasan manaerial, pembinaan, pemantauan, serta penilaian yang terangkun dalam kegiatan instrumen supervisi; Pengembangan Mutu Madrasah telah dilaksanakan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu: standar isi, standar proses, standar pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana. Standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian, standar kompetensi lulusan. Implementasi Supervisi Manajerial dalam Pengembangan Mutu Madrasah berjalan baik dilihat dari: implementasi supervisi manajerial yang dibagi dua kegiatan rutin, yakni supervisi kelas serta supervisi administrasi untuk pengembangan mutu madrasah. Tidak lupa bentuk pembinaan dan pendampingan terkait supervisi manajerial bersama kepala madrasah atau pengawas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'udah, Siti Intihaulsiti.intihaul@gmail.comD93214065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Keywords: Implementasi Supervisi Manajerial; Pengembangan Mutu Madrasah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Intihaul Mas'udah
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:18
Last Modified: 17 Jul 2021 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48529

Actions (login required)

View Item View Item