Strategi Digital Entrepreneurship pada percetakan Online Part Design Sidoarjo ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningtyas, Wahyuningtyas (2021) Strategi Digital Entrepreneurship pada percetakan Online Part Design Sidoarjo ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyuningtyas_G94217131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan beberapa tahapan yaitu organizing, editing, dan analyzing. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analitis dengan cara inventarisasi atau pengumpulan data, identifikasi, analisis, dan interpretasi. Hasil penelitian dari sisi ekonomi Islam mengenai strategi digital entrepreneurship pada percetakan online Part Design Sidoarjo didasarkan pada empat prinsip yaitu customer oriented, transparansi, persaingan yang sehat, dan fairness atau keadilan. Prinsip customer oriented diterapkan Part Design dengan memberikan sejumlah loyalty dan pelayanan yang baik kepada pembelinya. Loyalty tersebut dapat berupa pemberian gratis ongkir, garansi produk, dan reward pada pembelian produk dengan jumlah tertentu. Prinsip transparansi yang diterapkan Part Design yaitu bersikap jujur dan terbuka bagi karyawan dan pelanggannya. Prinsip persaingan yang sehat yang diterapkan oleh Part Design adalah dengan menerapkan strategi koopetisi, yaitu menjalin kerja sama dengan percetakan lain dan berbagi keuntungan sejumlah pesanan sesuai dengan kesepakatan bersama, serta melakukan riset pasar untuk meningkatkan efisiensi pemasaran produk dan jasa yang ditawarkan oleh Part Design. Prinsip fairness atau keadilan yakni berusaha bersikap adil baik kepada karyawannya maupun kepada konsumennya. Part Design juga menghindari riba sebagai bentuk perwujudan prinsip keadilan ini. Selanjutnya, dalam membangun modal bisnis percetakan online yang fokus pada strategi digital entrepreneurship maka percetakan online khususnya Part Design diharapkan lebih update keinginan dan kebutuhan konsumen yang sedang tren saat ini agar pembeli semakin banyak dan penjualannya juga semakin meningkat. Percetakan Part Design juga diharapkan dapat memaksimalkan strategi pemasaran dengan memanfaatkan seluruh fitur-fitur yang ada di masing-masing sosial media yang menjadi media pemasaran Part Design serta mengikuti program-program yang diadakan oleh marketplace Shopee agar penjualan produk meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningtyas, Wahyuningtyaswahyuningtyas98@gmail.comG94217131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@gmail.com2005098202
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Strategi; Digital Entrepreneurship; Ekonomi Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyuningtyas Wahyuningtyas
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:30
Last Modified: 17 Jul 2021 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48535

Actions (login required)

View Item View Item