Shalat berjama'ah dalam memahamkan aspek keagamaan pada anak kelompok B di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujahidah, Fiinaa (2021) Shalat berjama'ah dalam memahamkan aspek keagamaan pada anak kelompok B di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiinaa Mujahidah_D99217061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program unggulan yakni berupa aspek keagaaman shalat wajib berjama’ah anak kelompok B di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo. Secara umum, tidak semua lembaga RA mampu menerapkan shalat wajib berjama’ah kepada anak didiknya. Jika dilihat pada anak kelompok B di RA Al-Qodir Wage Sidoajo, mereka sudah bisa menerapkan shalat wajib berjama’ah di sekolah maupun di rumah dengan baik. Selain itu, mereka juga memahami pengertian imam dan makmum, disiplin waktu shalat, dan pahala shalat wajib berjama’ah, hal ini menunjukkan bahwa, strategi guru dalam menerapkan pembiasaan praktek shalat wajib berjama’ah di sekolah berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan shalat wajib berjama’ah pada anak kelompok B di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo (2) memberikan pemahaman anak kelompok B di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo tentang disiplin waktu shalat berjama’ah, pemahaman tentang imam dan makmum, dan pemahaman tentang pahala shalat berjama’ah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa yang digunakan yakni model Miles dan Huberman dimana dalam proses analisanya dimulai dari mereduksi data, kemudian menyajikan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yakni metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan shalat wajib berjama’ah pada anak kelompok B di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo sangat baik, hal ini terbukti dari hasil analisis yang menyatakan bahwa anak kelompok B mampu melakukan pembiasaan menerapkan shalat wajib berjama’ah di sekolah setiap satu minggu satu kali di hari jum’at dan sudah berjalan kurang lebih sepuluh tahun. Metode pembelajaran yang digunakan yakni bercerita, bercakap-cakap, pemberian tugas, demonstrasi, dan praktek langsung. Media yang digunakan yaitu lembar kerja dan pemberian tugas, sedangkan media yang digunakan saat praktek yaitu mukena dan sajadah. Ada beberapa faktor yang menghambat yaitu sebagian anak masih kurang bisa menghafal bacaan shalat dan surah pendek. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu semua pihak termasuk orangtua, anak-anak, dan juga semua anggota lembaga RA Al-Qodir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujahidah, Fiinaafiinaamujahidah@gmail.comD99217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Ideologi Islam
Keywords: Aspek Keagamaan; Shalat Wajib Berjama’ah anak kelompok B.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: fiinaa mujahidah
Date Deposited: 17 Jul 2021 13:45
Last Modified: 17 Jul 2021 13:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48542

Actions (login required)

View Item View Item