العناصر الخارجية في قصة قصيرة "حديقة الورد" لنجيب محفوظ (دراسة أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Nur (2021) العناصر الخارجية في قصة قصيرة "حديقة الورد" لنجيب محفوظ (دراسة أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hayati_A01217033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada sebuah karya sastra cerpen yang tidak jauh dari unsur-unsur instrisik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang menyusun suatu karya sastra dari dalam karya sastranya. Kemudian unsur ekstrinsik adalah unsur luar yang mempengaruhi dari bangunan karya sastra. Berdasarkan hal ini, penulis ingin mengkaji cerpen kebun mawar karya najib mahfudz, yang sebagai genre karya sastra cerpen untuk menggunakan unsur ekstrinsik sebagai pendekatan analisis. Pada kesempatan ini penulis meneliti mengenai Bagaimana unsur-unsur ekstrinsik dalam cerpen kebun mawar karya najib mahfudz. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dan ada juga pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Setelah ini hasil data yang ditemukan berupa kata-kata yang bentuk kutipan-kutipan teks dari cerpen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah unsur-unsur ekstrinsik terkandung dalam cerpen kebun mawar yang meliputi empat unsur sebagai berikut, yang pertama aspek sosial yang sedang terjadi pembunuhan, permusuhan, tuduhan, celaan, sehingga sampai menimbulkan kematian diantara tokoh cerpen tersebut. Dalam aspek psikologi telah terbagi menjadi dua karakter yakni anti pati dan keegoisan dalam bersikap mengambil keputusan. Dan aspek budaya dalam kebiasaan daerahnya yakni menghormati orang yang sudah meninggal karena dengan itu mereka sama halnya ia menghormati agamanya. Dan yang terakhir dalam aspek agama bahwasanya keyakinan mereka cukup kuat terhadap kepercayaannya masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Nurnur101197hayati@gmail.comA01217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhammadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Agama > Biografi Tokoh
Keywords: Najib Mahfudz; Cerpen kebun mawar; Unsur ekstrinsik.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hayati Nur
Date Deposited: 13 Aug 2021 12:31
Last Modified: 13 Aug 2021 12:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48679

Actions (login required)

View Item View Item