Metode kebahagiaan dalam perspektif tasawuf modern Buya Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qarib, Muhammad Fatehun (2021) Metode kebahagiaan dalam perspektif tasawuf modern Buya Hamka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fatehun Qorib_E07215019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang metode kebahagiaan dalam perspektif tasawuf modern buya Hamka. Buya Hamka mendefinisikan kebahagiaan perspektif tasawuf modern. Menurut buya Hamka ada perbedaan antara pengertian bahagia dan kebahagiaan. Bahagia menurut Hamka berhubungan dengan perasaan (jiwa) yang tenang dan damai. Kebahagiaan identik dengan ajaran tasawuf yang berlandaskan pada akal, studi, dan analisa dari aspek teoritis dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian perpustakaan (library reasearch). Sumber data utama penelitian ini adalah buku-buku karya buya Hamka seperti Tasawuf Modern dan Tafsir al-Azhar. Sedangkan sumber data sekunder berupa jurnal, artikel, majalah, dan sebagainya. Menurut Hamka kebahagiaan dalam agama dapat dilihat dari beberapa segi yakni segi etika (budi), segi akal, dan segi agama. Ketiganya mempunyai hubungan antara satu sama lain. Jika ketiganya bisa diseimbangkan serta mengimplementasikannya di dalam kehidupan, maka manusia bisa merasakan sebuah kebahagiaan dalam hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qarib, Muhammad Fatehunmuhammadqorib13@gmail.comE07215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullahkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Tasawuf
Ulama
Keywords: bahagia; buya Hamka; tasawuf.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fatehun Qorib
Date Deposited: 24 Jul 2021 10:58
Last Modified: 24 Jul 2021 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48728

Actions (login required)

View Item View Item