Peran media video animasi dalam meningkatkan minat belajar fiqih siswa kelas 1 MI Islamiyah Pangkahkulon Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Zuhriyatul (2021) Peran media video animasi dalam meningkatkan minat belajar fiqih siswa kelas 1 MI Islamiyah Pangkahkulon Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuhriyatul Ni'mah_D07217034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu mengenai minat belajar peserta didik kelas I MI Islamiyah Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik yang masih rendah dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dirasa kurang tepat dan belum dimanfaatkan dengan baik oleh pendidik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana minat belajar peserta didik kelas 1 MI Islamiyah Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik dalam pembelajaran fiqih. 2) Bagaimana peran media video animasi dalam meningkatkan minat belajar fiqih peserta didik kelas 1 MI Islamiyah Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulam data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi minat belajar, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi proses pembelajaran. Serta lembar wawancara untuk kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Minat belajar belajar peserta didik sudah baik dengan perolehan presentase sebesar 70% dari yang sebelumnya minat belajar peserta didik masih berada di kategori sedang dengan persentase sebesar 50%. 2) Peran media video animasi sudah dapat dikatakan baik hal tersebut terbukti dari siswa merasa senang dan antusias saat proses pembelajaran, siswa juga tertarik dan ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan berminat dalam proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Zuhriyatulzuhriyatulnimah@gmail.comD07217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Subjects: Minat Siswa
Keywords: Peran media Video Animasi; Minat Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: zuhriyatul ni'mah
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:44
Last Modified: 22 Jul 2021 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48749

Actions (login required)

View Item View Item