تأثير تطبيق وسائل التعليم "التدريبات اللغوية العربية" في التعلم على الإلكتروني لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع بمدرسة فوترا فوتري سيما المتوسطة الإسلامية لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Amirotun (2021) تأثير تطبيق وسائل التعليم "التدريبات اللغوية العربية" في التعلم على الإلكتروني لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع بمدرسة فوترا فوتري سيما المتوسطة الإسلامية لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirotun Hamidah_D92217043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa arab adalah bahasa asing, bukan bahasa ibu. Sehingga untuk menguasainya tentu kita menemukan banyak kesulitan dalam mempelajarinya, sehingga dibutuhkan metode atau media yang menarik untuk memudahkan kita dalam mempelajarinya. Penulis menemukan kesulitan dalam mempelajari bahasa arab di kelas 7 MTs. Putra Putri Simo Lamongan khususnya dalam maharah istima’. Faktor-faktor yang mempengarauhi kondisi tersebut adalah dikarenakan metode pembelajarannya sangat jarang memanfaatkan media yang ada. Sehingga peneliti memutuskan untuk mengadakan penelitian dengan menggunakan penarapan media pembelajaran Latihan Kemampuan Bahasa Arab berbasis e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterampilan mendengar siswa-siswi kelas VII MTs. Putra-Putri Simo Lamongan (2) untuk mengetahui penerapan media “Latihan Kemampuan Berbahasa Arab” dalam pembelajaran berbasing e-learning (3) untuk mengetahui pengaruh media “Latihan Kemampuan Berbahasa Arab” dalam pembelajaran berbasing e-learning untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa-siswi MTs. Putra-Putri Simo Lamongan. Untuk menjawab permasalahan yang ada, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalaha meode kuantitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, tes (pre-test dan post-test), dan dokumentasi. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A MTs. Putra-Putri Simo Lamongan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat adanya pengaruh dalam praktek penggunaan media pembelajaran “Latihan Kemampuan Berbahasa Arab” dalam pembelajaran berbasis e-Learning berdasarkan analisis menggunakan rumus T-test. Hasil T hitung menunjukkan 12,631 dan Ttabel menunjukkan hasil Ttabel 5% = 1,692 dan 1% = 1,308. Artinya penilaian Thitung lebih besar dari Ttabel dan hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Amirotunamirahamidah52@gmail.comD92217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Keywords: Media “Latihan Kemampuan Berbahasa Arab”; Keterampilan Mendegar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Amirotun Hamidah
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:13
Last Modified: 22 Jul 2021 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48757

Actions (login required)

View Item View Item