تحليل محتوى كتاب اللغة العربية الصادر لوزارة الشؤن الدينية بجمهورية إندونيسييا لسنة 2020 من وجهة نظرة رشدي احمد طعيمة وناصر عبد الغالي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Zairotul (2021) تحليل محتوى كتاب اللغة العربية الصادر لوزارة الشؤن الدينية بجمهورية إندونيسييا لسنة 2020 من وجهة نظرة رشدي احمد طعيمة وناصر عبد الغالي. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Zairotul Auliya_ D92217037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara umum keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab ditentukan oleh beberapa variable. Variabel-variabel yang dimaksud diantaranya adalah guru, siswa, sarana prasarana, kurikulum, metode, media, dan lain-lain. Variable ini akan saling berkaitan antara satu sama lain. Salah satu variable yang berperan dalam pembelajaran Bahasa Arab yaitu buku teks yang merupakan media konvensional yang di dalamnya mengandung materi yang disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan pembaca untuk memahami materi yang ada di dalamnya. Semua pihak terkait mengetahui isi dan karakteristik Buku ajar yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku ajar terbaru yang diterbitkan oleh SKK Kementrian Agama dengan faiati tahlil Rusydi Ahmad Thuaimah dan Nashir Abdul Ghali dengan Jenis Penelitian Kualitatif dengan metode Dokumentasi Library Research dengan teknik analisis memadukan butir analisis buku ajar perspektif Rusdi Ahmad Thuiamah yang meliputi 15 Butir analisis dengan asas penyusunan bahan ajar perspektif Nashir Abdul Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Buku bahasa Arab terbitan kemenag ini telah memenuhi standar kriteria buku ajar yang baik menurut hasil analisisis dua perspektif tersebut yang meliputi data umum buku, output, karakter, landasan penyusunan,bahasa, metode pengajaran, ketrampilan berbahasa, gramatikal, kosakata, latihan-latihan, evaluasi dan penilaian, konten budaya, media pembelajaran, pembelajaran mandiri, dan panduan guru. Serta memenuhi asas penyusunan bahan ajar yang baik yaitu asas budaya, psikologi, pendidikan, dan asas bahasa. Namun peneliti sekaligus penganalisis memberikan beberapa saran terhadap output dan input buku ini agar lebih baik kedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Zairotulzairotulaauliya16@gmail.comD92217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
UNSPECIFIEDMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Buku
Keywords: Analisis Konten; Buku Bahasa Arab KEMENAG.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zairotul Auliya
Date Deposited: 22 Jul 2021 09:30
Last Modified: 22 Jul 2021 09:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48771

Actions (login required)

View Item View Item